Berita UtamaInternasional

Turki-AS Sepakat Mendirikan Pusat Operasi untuk Zona Aman Suriah

findonews, ANKARA – Turki dan Amerika Serikat telah sepakat untuk mendirikan pusat operasi bersama untuk mengoordinasikan dan mengelola pengaturan zona aman di Suriah utara.

Dilansir Aljazeera, kesepakatan pada hari Rabu (7/8) datang setelah tiga hari negosiasi yang intens antara para pejabat dari dua sekutu NATO di ibukota Turki, Ankara.

Sebuah pernyataan bersama oleh kementerian pertahanan Turki dan kedutaan besar AS di Ankara mengatakan kedua pihak telah sepakat untuk mendirikan pusat operasi yang berbasis di Turki dan zona aman akan menjadi koridor perdamaian, tanpa memberikan detail lebih lanjut.

Dalam pernyataan itu juga mengatakan delegasi telah sepakat untuk membahas implementasi cepat dari langkah-langkah awal untuk mengatasi masalah keamanan Turki dan setiap upaya harus dilakukan agar warga Suriah yang terlantar dapat kembali ke negara mereka.

Pernyataan itu tidak menyebutkan secara spesifik bagaimana dan kapan zona itu akan dibuat, tetapi tampaknya untuk sementara waktu mencegah operasi Turki yang mengancam ke wilayah timur Sungai Efrat di Suriah.

Kementerian pertahanan Turki dan urusan luar negeri masing-masing menolak permintaan wawancara, mengatakan informasi hanya akan disebarluaskan melalui pernyataan tertulis resmi.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker