Berita UtamaInternasional

Turki Akan Meluncurkan Serangan ke Suriah

findonews, JAKARTA – Turki kembali melanjutkan rencananya yang akan meluncurkan serangan ke Suriah, tepatnya di dekat daerah perbatasannya dimana para pejuang Kurdi berada disana.

Presiden Recep Tayyip Erdogan telah memperbarui janji untuk melakukan operasi militer lintas batas ke timur laut Suriah untuk mengusir para pejuang Kurdi yang berada di dekat perbatasannya.

Dilansir Al Jazeera, dalam pidato pada hari Minggu (6/10), Erdogan mengatakan Rusia dan Amerika Serikat telah diberitahu tentang operasi yang direncanakannya tersebut, tetapi tidak mengatakan kapan serangan akan dimulai.

Turki telah memperingatkan akan melakukan operasi militer di timur Sungai Eufrat, tetapi menundanya setelah mereka setuju dengan AS untuk membuat zona aman di dalam perbatasan timur laut Suriah dengan Turki yang akan dibebaskan dari milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) ).

Tetapi Ankara menuduh Washington menghentikan kemajuan dalam mendirikan zona aman dan menuntut mereka untuk memutuskan hubungannya dengan YPG.

Kelompok itu adalah sekutu utama AS di tanah di Suriah selama pertempuran melawan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL atau ISIS), tetapi Turki melihatnya sebagai “organisasi teroris” yang bersekutu dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Operasi yang direncanakan akan menandai serangan ketiga Turki ke Suriah dalam beberapa tahun. Sebelumnya mereka melakukan dua operasi ke Suriah utara pada 2016 dan 2018 untuk membersihkan area anggota ISIL dan YPG.

“Kami memasuki Afrin, Jarablus, dan Al-Bab. Sekarang kita akan memasuki timur Sungai Eufrat,” kata Erdogan saat upacara pembukaan jalan tol di kota Bursa.

Turki telah mengerahkan sejumlah besar pasukan ke perbatasan dengan Suriah dalam beberapa hari terakhir.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker