Berita UtamaGaya Hidup

Studi Baru Menunjukkan Prasekolah Bermanfaat Untuk Anak

findonews, JAKARTA – Mungkin orang tua dari anak-anak usia prasekolah mungkin bertanya pada diri mereka sendiri apakah mengikuti prasekolah membuat banyak perbedaan bagi anak-anak yang sedang berkembang, bagaimanapun, biayanya kadang bisa tinggi.

Juga, anak-anak yang mengikuti program ini biasanya sangat muda, tidak sulit untuk melihat mengapa beberapa orang tua mungkin merasa anak mereka dapat memperoleh manfaat yang sama dari penitipan anak atau diam di rumah.

Jadi, dapatkah mengikuti prasekolah benar-benar membuat perbedaan dalam perkembangan anak? Jawabannya, menurut sebuah studi baru yang dirilis dalam jurnal Child Development, adalah ya, jika programnya berkualitas.

Dilansir Healthline proyek Kesiapan Sekolah Chicago (CSRP) adalah studi longitudinal yang berlangsung 10 tahun dan melacak 466 anak-anak berpenghasilan rendah, beragam ras dan etnis dari usia 3 dan 4 tahun dari prasekolah hingga awal sekolah menengah.

Sekitar setengah dari peserta menghadiri program Head Start di mana guru menerima pengembangan profesional dan pembinaan berfokus pada strategi disiplin positif dan memberikan bantuan dalam mengelola stres mereka sendiri di kelas. Setengah lainnya menghadiri program Head Start tradisional.

Para peserta di ruang kelas di mana para guru menerima pelatihan tambahan masih menunjukkan hasil sebanyak seperempat dari nilai huruf pada awal sekolah menengah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa pelatihan yang diterima guru mengarah ke lingkungan kelas yang lebih positif yang menghasilkan hasil langsung dalam perilaku pengaturan diri siswa dan keterampilan akademik, yang memiliki manfaat berlanjut selama bertahun-tahun.

Namun, penelitian ini mencatat bahwa efek program pada keterampilan pengaturan mandiri awal tidak memprediksi peningkatan fungsi eksekutif ketika para peserta di sekolah menengah.

Meskipun demikian, ini bukan studi pertama yang menghasilkan hasil yang serupa. Faktanya, Proyek Prasekolah Perry tahun 1960-an juga menyoroti bagaimana prasekolah yang dikelola oleh guru yang sangat terlatih dapat berdampak jangka panjang pada siswa yang hadir, terutama mereka yang memiliki latar belakang yang kurang beruntung dan berisiko.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker