Berita UtamaSains & Teknologi

Spesifikasi, Tanggal Rilis, dan Harga Playstation 5

findonews, JAKARTA – Sony telah mengungkapkan beberapa detail tentang konsol generasi berikutnya, yang diharapkan akan rilis tahun depan. Kali ini Findo akan memberikan informasi tentang konsol generasi berikutnya dari Sony yang dikutip dari Gamespot.

Sebelumnya perlu dicatat, Sony belum membeberkan nama dari konsol generasi berikutnya. Bahkan arsitek sistem konsol terbaru dari Sony, Mark Cerny menyebutnya dengan ‘next-gen console’ bukan Playstation 5. Tapi untuk mempermudah, kita sebut saja konsol terbaru ini dengan Playstation 5 (PS5).

Tanggal Rilis

Tentu sudah banyak orang membicarakan kapan kira-kira PS5 keluar? Sebenarnya untuk informasi seperti ini Sony agak tertutup, tetapi pada bulan Mei 2018 kepala Playstation pada saat itu, John Kodera mengatakan bahwa PS5 masih tiga tahun lagi.

Bagaimanapun rencana dapat berganti dan mungkin Kodera hanya berusaha untuk menghentikan rumor yang simpang siur saat dia mengatakan PS5 akan rilis segera setelah tahun 2019.

Harga

Lagi, Sony belum menyatakan berapa harga konsol terbaru mereka nantinya, tetapi mereka mengatakan baru-baru ini harga PS5 akan membuat penggemar tertarik.

“Saya percaya bahwa kami akan dapat merilisnya dengan SRP [harga eceran yang disarankan] yang akan menarik bagi para gamer mengingat set fitur canggihnya,” kata Mark Cerny, arsitek utama PS4 yang saat ini sedang mengerjakan penggantinya.

Sudah dapat diduga Sony belum akan memberikan detail harga dari konsol terbarunya. Tetapi nampaknya Sony sudah belajar dari kesalahan dengan menghargai PS4 lebih masuk akal daripada generasi sebelumnya yaitu PS3 yang dihargai sangat mahal.

Spesifikasi

Secara mengejutkan Sony mengungkapkan spesifikasi dari PS5, perusahaan mengonfirmasi bahwa PS5 akan berisi chip AMD yang memiliki CPU berdasarkan generasi ketiga Ryzen, ini akan memiliki delapan inti dari microchip tujuh-nanometer Zen 2.

Untuk grafik, mereka akan menggunakan Radeon Navi. Vhip grafis ini akan mendukung ray tracing, sesuatu yang mulai populer di film dan video game. Meskipun secara tradisional dianggap sebagai teknik pencahayaan, Cerny mengatakan teknik ini juga dapat meningkatkan audio game. Bahkan, PS5 akan sepenuhnya mendukung audio 3D.

PS5 juga akan menggunakan SSD yang akan memuat game lebih cepat dan dapat menangani lebih banyak objek di layar sekaligus daripada HDD yang digunakan saat ini. Karakter dan kamera dapat bergerak lebih cepat di dalam game, karena lingkungan game dapat dimuat lebih cepat.

Tidak seperti Xbox One S All-Digital Edition yang tidak memiliki drive disk, PS5 akan menyertakannya, jadi pengguna masih dapat membeli dan memaikan game fisik. Masih belum diketahu jenis cakram apa yang akan digunakan. Mungkin 4K UHD Blu-Rays, yang dapat membawa data dua kali lipat daripada Blu-Ray standar.

Sony juga telah mengkonfirmasi bahwa PS5 mampu mendukung visual 4K pada 120Hz bagi mereka yang memiliki TV yang dapat mendukung itu. 120Hz adalah kecepatan refresh sekitar dua kali lipat kecepatan TV standar.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker