Berita UtamaInternasional

Siaga Merah, Cina akan Dilanda Topan Lekima

findonews – Topan Lekima saat ini melanda Taiwan dengan kecepatan angin lebih dari 190km/jam dan dijadwalkan akan melanda Cina di provinsi Zhejiang pada hari Sabtu (10/8).

Dilansir BBC, tim darurat telah dikerahkan ke wilayah itu untuk membantu masyarakat sekitar kata kementerian darurat Cina.

Ribuan orang yang berada di pantai Shanghai diperingatkan untuk bersiap mengungsi sebelum topan melanda wilayah tersebut.

Peringatan banjir juga telah dikeluarkan untuk bagian timur Sungai Yangtze dan Sungai Kuning. Provinsi Jiangsu dan Shandong juga bersiaga.

Kapal pesiar telah diberitahu untuk menunda kedatangan mereka di Shanghai dan beberapa kereta tidak beroperasi selama akhir pekan.

Lekima adalah salah satu dari dua topan di Pasifik barat saat ini. Agak bergeser ke timur, ada topan Krosa yang menyebarkan hujan lebat di Kepulauan Mariana Utara dan Guam.

Topan itu bergerak ke arah barat laut dan dapat melanda Jepang beberapa waktu minggu depan kata peramal cuaca.

Topan Lekima melewati utara Taiwan pada hari ini dan menyebabkan batalnya beberapa penerbangan dan sekolah serta kantor.

Listrik lebih dari 40.00 rumah diputus dan layanan kereta api kecepatan tinggi tidak beroperasi di utara kota Taichung.

Topan ini datang sehari setelah gempa di bagian timur Taiwan. Para ahli mengatakan bahwa risiko tanah longsor yang dipicu gempa lebih besar kemungkinannya disebabkan oleh topan.

Menurut laporan, Lekima juga membawa hujan lebat dan angin kencang ke barat daya Jepang pada hari ini yang menyebabkan padamnya listrik di sekitar 14.000 rumah.

Biro cuaca Cina mengatakan Lekima diperkirakan akan melemah saat melanda Cina. Cina memiliki sistem peringatan kode dengan empat warna dan warna merah mewakili kondisi cuaca yang paling parah.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker