Berita UtamaInternasional

Setidaknya 63 Orang Tewas Dalam Ledakan Saat Pernikahan di Kabul

findonews, JAKARTA – Setidaknya 63 orang tewas dan puluhan lainnya terluka akibat ledakan yang menargetkan pernikahan di ibukota Afghanistan, menurut para pejabat ini adalah serangan paling mematikan di Kabul tahun ini.

Dilansir Al Jazeera, bom bunuh diri itu terjadi pada Sabtu (17/8) malam di area resepsi pria di aula pernikahan Kota Dubai di Kabul barat, di lingkungan minoritas Syiah yang sedang merayakan pernikahan.

Anak-anak dan perempuan ikut menjadi korban dalam kejadian ini, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Peristiwa ini terjadi ketika Taliban dan Amerika Serikat sedang mencoba untuk menegosiasikan untuk menarik seluruh pasukan AS dari Afghanistan sebagai imbalan atas komitmen Taliban dalam pembicaraan keaamanan dan perdamaian dengan pemerintah Afghanistan yang didukung AS.

Taliban membantah ikut terlibat dalam peristiwa itu dan mengatakan itu terlarang dan tidak dapat dibenarkan, tetapi Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan bahwa kelompok tersebut tidak dapat bebas dari kesalahan karena mereka menyediakan panggung untuk teroris.

Dalam serangkaian cuitan di Twitter, Ghani mengecam keras serangan yang tak manusiawi itu dan menyerukan pertemuan keamanan luar biasa untuk meninjau dan mencegah penyimpangan keamanan seperti itu.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker