Berita UtamaInternasional

‘Serangan Minyak Arab Saudi Tidak Diragukan Disponsori Oleh Iran’

findonews, JAKARTA – Arab Saudi mengatakan serangan terhadap pabrik minyaknya datang dari arah utara dan ‘tidak diragukan’ disponsori oleh Iran, tetapi kerajaan itu masih menyelidiki dari mana tepatnya serangan itu diluncurkan.

Menunjukkan puing-puing dari senjata yang diduga digunakan pada konferensi pers pada hari Rabu (18/9), seorang juru bicara kementerian pertahanan mengatakan tidak ada cara serangan itu bisa diluncurkan dari Yaman, seperti yang diklaim oleh pemberontak Houthi yang berpihak pada Iran.

Dilansir Al Jazeera, Kolonel Turki al-Malik mengatakan bagian drone dan rudal yang ditemukan memberikan bukti tidak terbantahkan tentang agresi Iran terhadap Arab Saudi.

Al-Malik mengatakan total 18 drone dan tujuh rudal diluncurkan ke Arab Saudi, termasuk apa yang ia sebut Iranian Delta Wing kendaraan udara tak berawak (UAV).

Pejabat Saudi mengatakan rudal yang dipamerkan, yang memiliki apa yang tampak sebagai mesin jet yang melekat padanya, adalah rudal jelajah darat yang gagal meledak.

“Serangan itu diluncurkan dari utara dan disponsori oleh Iran,” katanya kepada wartawan. “Kami sedang bekerja untuk mengetahui titik peluncuran yang tepat.”

Al-Malik mengatakan rudal jelajah memiliki jangkauan 700km (435 mil), yang berarti mereka tidak mungkin ditembakkan dari Yaman. Dia memutar video pengintai yang katanya menunjukkan sebuah drone datang dari utara.

“Ini adalah jenis senjata yang digunakan rezim Iran dan IRGC Iran untuk melawan fasilitas sipil,” katanya, menggunakan akronim untuk Korps Pengawal Revolusioner paramiliter Iran.

Namun, al-Malik tidak secara langsung menyalahkan Iran atas serangan tersebut ketika ditanya oleh wartawan, ia mengatakan ketika pelaku sudah diidentifikasi mereka akan dimintai pertanggungjawaban.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker