Berita UtamaInternasional

Serangan Bom Mobil di Dekat Perbatasan Turki-Suriah, Belasan Tewas

findonews, JAKARTA – Setidaknya 13 orang telah tewas dalam ledakan bom mobil di sebuah kota Suriah yang terletak di perbatasan dengan Turki, menurut kementerian pertahanan Turki.

Dilansir Al Jazeera, ledakan terjadi pada hari Sabtu (2/11) menghancurkan pasar ramai di Tal Abyad, sebuah kota yang dikendalikan oleh pejuang oposisi yang didukung Turki.

“Berdasarkan temuan pertama, 13 warga sipil tewas dan sekitar 20 lainnya terluka” kata kementerian pertahanan Turki dalam sebuah pernyataan.

Kota timur laut telah menyaksikan beberapa pertempuran terberat sejak militer Turki melancarkan operasi di timur laut Suriah bulan lalu melawan Pasukan Demokrat Suriah (SDF), yang dipelopori oleh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

Seorang koresponden kantor berita AFP di Tal Abyad melihat kerangka dua sepeda motor terbakar di tengah jalan yang dipenuhi puing-puing.

Sekelompok pria membawa mayat korban yang terbakar ke bagian belakang truk pickup, ketika seorang wanita muda berjilbab berdiri kaget di pinggir jalan.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan pejuang pro-Turki dan warga sipil termasuk di antara yang tewas dan terluka dalam ledakan mobil.

“Kami mengutuk serangan tidak manusiawi dari teroris berdarah PKK / YPG ini yang menyerang warga sipil tak berdosa Tal Abyad yang kembali ke rumah dan tanah mereka sebagai hasil dari Operasi Musim Semi Perdamaian,” kata kementerian pertahanan Turki di Twitter.

Belum ada kelompok yang bertanggung jawab atas serangan bom itu.

Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang berbasis di Turki ditunjuk sebagai kelompok teroris oleh Turki dan sekutu Baratnya. PKK melancarkan pemberontakan separatis terhadap negara Turki pada tahun 1984.

Ankara menganggap YPG sebagai kelompok teroris karena hubungannya dengan pemberontak PKK di Turki tenggara.

Pada 9 Oktober, setelah keputusan mendadak Presiden AS Donald Trump untuk menarik pasukan AS dari timur laut Suriah, Turki dan pemberontak sekutu Suriah melancarkan operasi lintas-perbatasan dan merebut kendali Tal Abyad sekitar 120 km (75 mil) tanah di sepanjang perbatasan. .

Turki mengatakan tujuan serangan itu adalah untuk membuat “zona aman” yang dibersihkan dari para pejuang Kurdi dan memulangkan beberapa dari 3,6 juta pengungsi yang saat ini tinggal di tanahnya.

Pada hari Jumat (1/11), pasukan Turki dan Rusia dengan kendaraan lapis baja mengadakan patroli darat bersama pertama mereka di timur laut Suriah berdasarkan kesepakatan antara kedua negara yang memaksa YPG menjauh dari wilayah dekat perbatasan Turki.

Menurut perjanjian itu, Ankara akan menguasai area selebar 32 km (20 mil) antara kota Tal Abyad dan Ras al-Ain, yang mencakup 120 km (75 mil) dari perbatasan Turki-Suriah.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker