Berita UtamaEkonomi & Bisnis

Rupiah Kembali Menguat Pagi Ini Imbas Kesepkatan Awal AS-Cina

findonews, JAKARTA – Pagi ini Senin (14/10) pukul 8.33 WIB nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat ke angka Rp14.135 per dolarnya, meskipun awalnya sempat melemah saat pembukaan perdagangan.

Dilansir Tribunnews, dibandingkan dengan akhir pekan lalu nilai tukar rupiah menguat 0,02% dari Rp14.138 per dolar AS.

“Rupiah bergerak dalam kisaran sempit dan relatif kurang responsif terhadap negosiasi AS-China jika dibandingkan dengan mata uang Asia Utara,” kata Terence Wu, FX strategist OCBC Singapura kepada Bloomberg.

Wu menambahkan, meskipun hanya sedikit, rupiah akan tetap diuntungkan jika ada hasil positif dari negosiasi dagang, dalam jangka pendek ia memprediksikan rupiah akan menguat hingga mendekati Rp14.000.

Rupiah tetap menguat meskipun dolar AS menguat terhadap mata uang utama dunia, pagi ini indeks dolar AS menguat ke 98,44.

Imbas dari kesepakatan parsial perdagangan antara AS dan Cina, mayoritas mata uang Asia pun menguat, presiden AS mengatakan AS-Cina mencapai kesepakatan fase satu dan akan dikukuhkan dalam lima pekan kedepan.

Sampai kesepakatan ini dikukuhkan, Trump mengatakan bahwa kesepakatan ini bisa saja runtuh tapi ia mengungkapkan keyakinannya bahwa kesepakatan ini akan tetap berlanjut.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker