Berita UtamaInternasional

Ribuan Pengunjuk Rasa Hong Kong Kembali Bentrok dengan Polisi

findonews, HONG KONG – Ribuan pengunjuk rasa di Hong Kong turun ke jalan-jalan selama 13 pekan bertutut-turut dan bentrok dengan polisi yang menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan mereka.

Para pengunjuk rasa yang berpakaian serba hitam membawa salib berkumpul pada hari Sabtu (31/8) di stadium olahraga di pusat kota Hong Kong melakukan ‘reli Kristen’ sebelum menuju ke markas polisi di pusat Wan Chai.

Dilansir Al Jazeera, unjuk rasa yang awalnya berlangsung damai mulai ricuh saat pengunjuk rasa muda yang mengenakan helm, masker gas, dan peralatan pelindung berusaha menerobos masuk sebelum akhirnya polisi anti huru hara turun tangan.

Pihak yang berwenang menembakkan gas air mata dan meriam air setelah para demonstran melempar bom bensin dan batu ke kompleks legislatif yang menjadikan daerah tersebut terbakar.

Aksi unjuk rasa itu terjadi ketika polisi melakukan tindakan keras terhadap gerakan protes selama berbulan-bulan yang dipicu pada bulan Juni oleh usulan RUU baru yang memungkinkan ekstradisi ke daratan CIna.

Rancangan undang-undang tersebut telah ditunda tetapi protes terus berlanjut, dengan demonstran mengeluarkan lima tuntutan utama, termasuk hak untuk memilih pejabat dan pengunduran diri Ketua Eksekutif Carrie Lam.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker