Berita UtamaInternasional

Presiden Brazil Mengerahkan Tentara Untuk Membantu Mengatasi Kebakaran Amazon

findonews, JAKARTA – Presiden Brazil telah memerintahkan angkatan bersenjata untuk membantu mengatasi kebakaran hutan terbesar di Amazon.

Dilansir BBC, Presiden Jair Bolsonaro mengeluarkan keputusan yang mengesahkan pengerahan tentara di daerah perbatasan di wilayah tersebut.

Keputusan ini keluar setelah beberapa pemimpin Eropa memebri tekanan kepada Bolsonaro. Presiden Brazil itu mengatakan bahwa kebakaran hutan tersebut tidak dapat digunakan sebagai dalih untuk sanksi hukuman.

Prancis dan Irlandia mengatakan mereka tidak akan meratifikasi kesepakatan perdagangan besar dengan negara-negara Amerika Selatan kecuali Brazil berbuat lebih banyak untuk mengatasi kebakaran di Amazon.

Menteri Keuangan Finlandia juga meminta Uni Eropa untuk mempertimbangkan larangan impor daging sapi Brazil, saat ini Finlandia adalah presiden Dewan Uni Eropa.

Beberapa kelompook peduli lingkungan juga mengadakan protes di seluruh Brazil pada hari Jum’at (23/8) untuk menuntut pemerintah memberikan usaha lebih dalam mengatasi kebakaran tersebut. Warga di beberapa negara lain di seluruh dunia juga melakukan aksi didepan kedutaan besar Brazil.

Amazon adalah hutan hujan terbesar di dunia, yang menjadi simpanan karbon vital yang memperlambat laju pemanasan global. Amazon juga dikenal sebagai paru-paru dunia dan merupakan rumah bagi sekitar tiga juta spesies tumbuhan dan hewan serta satu juta penduduk asli.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker