Berita UtamaFindonews Snapshoot

Empat Pejabat Negara yang Mengundurkan Diri Akibat Listrik Padam

findonews, JAKARTA – Sejumlah wilayah di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah mengalami blackout pada Minggu (4/8) lalu yang membuat heboh masyarakat.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), menjelaskan hal ini terjadi karena terdapat gangguan pada transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV, yang menyebabkan transfer energi listrik dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Kejadian seperti ini tentu membuat pemerintah menjadi sasaran utama masyarakat untuk disalahkan. Bahkan di beberapa negara, kejadian serupa dapat membuat seorang pejabat negara mundur dari jabatannya.

Dilansir Gridshot.id, ada empat pejabat dari beberapa negara yang mengundurkan diri akibat pemadaman listrik di negaranya, berikut keempat pejabat tersebut :

Menteri Ekonomi Korea Selatan

Menteri Ekonomi Korsel, Choi Joong-kyung mengundurkan diri dari jabatannya sebagai bentuk tanggung jawab setelah listrik padam di Korea pada 15 September 2011.

Presiden yang menjabat saat itu, Lee Myung-bak menyayangkan pengunduran diri Joong-kyung karena harus memikul tanggung jawab moral walaupun tidak memiliki akuntabilitas secara langung meskipun ida mengizinkannya.

Menteri Kelistrikan Irak

Karim Waheed, Menteri Kelistrikan Irak mengundurkan diri dari jabatannya pada 17 November 2014 yang disebabkan protes masyarakat karena kurangnya pasokan listrik selama bertahun-tahun.

Waheed yang berjanji akan memperbaiki situasi ini akhirnya mengundurkan diri karena gelombang protes selama tiga hari berturut-turut di jalan utama di wilayah selatan Irak.

Menteri Ekonomi Taiwan

Menteri Ekonomi Taiwan, Lee Chih-kung melepas jabatannya pada 16 Agustus 2017 bertepatan dengan padamnya listrik yang berdampak pada 13 juta rumah di penjuru Taiwan.

Padamnya listrik berawal dari sejumlah gangguan yang dialami perusahaan minyak milik negara saat mengganti suplai listrik pada system pengiriman gas alam ke sebuah Pembangkit Listrik milik negara.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Turki

Taner Yldz, Menteri yang menjabat saat itu mengundurkan diri pada 6 April 2015 setelah seminggu sebelumnya terjadi pemadaman listrik di Turki.

Yldz mengatakan penyebab padamnya listrik karena adanya kesalahan pada jaringan listrik dan mismanagemen.

Kejadian ini menyebabkan jutaan masyarakat Turki hidup tanpa listrik selama berjam-jam, transportasi umum yang menggunakan listrik dan lampu lalu lintas pun tidak berfungsi, jaringan komunkasi dan produksi pabrik mengalami gangguan.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker