Berita UtamaInternasional

Pasukan Separatis dan Pasukan Pemerintah Bentrok di Yaman Selatan

findonews, JAKARTA – Pasukan separatis yang didukung Uni Emirat Arab (UEA), telah menyita sejumlah kamp militer di provinsi Abyan, Yaman selatan ketika bentrok dengan pasukan pemerintah  negara yang diakui secara internasional menyebabkan banyak korban jiwa dan terluka.

Dilansir Al Jazeera, kedua belah piihak adalah sekutu nominal dalam koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi-UEA melawan gerakan pemberontak Houthi setelah mengambil alih ibukota, Sana’a dan sebagian kota-kota besar di 2014.

Tetapi awal bulan ini yang disebut milisi Sabuk Keamanan dari Dewan Transisi Selatan (STC) yang pro-pemisahan, memutuskan hubungan dengan pemerintah dan merebut markas sementara Aden. PBB mengatakan sedikitnya ada 40 orang tewas dalam pertempuran di Aden.

Ditengah meningkatknya ketegangan antara kedua belah pihak, milisi Sabuk Keamanan menyerbu kamp militer milik pasukan khusus pemerintah pada hari Selasa (20/8) di provinsi Abyan. Menurut laporan, bentrok itu menewaskan tiga warga sipil dan melukai sembilan lainnya.

Di tempat berbeda, Gubernur Abyan, Abu Bakar Hussein mengatakan bahwa pasukan separatis juga telah merebut kamp militer terdekar di Al Kawd, menyerang 350 tentara yang ada disana.

Hussein mengatakan, setidaknya empat personel militer, dua dari pasukan separatis dan dua pasukan pemerintah, tewas dalam kejadian itu dan 23 lainnya luka-luka. Ia menambahkan abhwa ada 1.100 tentara yang telah ditempatkan di Zinjibar.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker