Berita UtamaInternasional

Pasukan Pemerintah Yaman Kembali Menguasai Aden

findonews, JAKARTA – Pasukan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional telah merebut kembali kota pelabuhan Aden, kata seorang menteri setelah tiga minggu direbut oleh kelompok separatis yang didukung Uni Emirat Arab.

Dilansir Al Jazeera, Menteri Informasi Moammar al-Eryani mengatakan pasukan pemerintah merebut kembali bandara Aden, istana kepresidenan dan daerah sekitarnya dari pasukan yang bersekutu dengan Dewan Transisi Selatan (STC) pada Rabu (28/8) lalu.

“Tentara Nasional & pasukan keamanan memaksakan kontrol penuh atas distrik Aden di tengah kepuasan publik dan sambutan yang besar,” katanya dalam sebuah cuitan di Twitter.

Dia membuat cuitan video orang yang memegang gambar Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi saat mereka merayakan di Aden untuk pemerintahan semenataranya. Al-Eryani mengatakan, pasukan pemerintah juga mengamankan sebuah kamp militer milik milisi Sabuk Keaman yang berpihak kepada STC di Lahij.

Sampai saat ini belum ada pernyataan dari kelompok separatis. Para separatis yang mencari pemerintahan sendiri muncul pada awal Agustus setelah menuduh sebuah partai yang bersekutu dengan Hadi terlibat dalam serangan Houthi.

Setelah empat hari pertempuran yang menewaskan sedikitnya 40 orang, kelompok separatis mengambil alih kendali kota Aden. Namun pertempuran antara pasukan Hadi dan separatis dalam beberapa pekan terakhir membuka front baru dalam perang kompleks di negara termiskin Arab tersebut.

Kedua belah pihak adalah sekutu nominal dalam koalisi pimpinan Arab Saudi-UEA melawan pemberontak Houthi yang menguasai utara negara itu.

Kebuntuan ini juga telah mengungkapkan keretakan antara sekutu Teluk Arab Saudi dan UEA, yang sejak Juni mengurangi kehadirannya di Yaman dibawah tekanan Barat untuk mengakhiri perang, tetapi terus mendukung ribuan pasukan separatis selatan.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker