Berita UtamaNasionalPolitik

PAN Ingin Bergabung Koalisi Jokowi-Ma’ruf

Findonews – Partai Amanat Nasional (PAN) ingin bergabung dengan koalisi Jokowi-Ma’ruf. Wakil Ketua Umum DPP PAN, Bara Hasibuan mengatakan partainya ingin bergabung dengan koalisi tanpa syarat apapun.

Dilansir Antara News, Bara mengatakan bahwa PAN menghormati Jokowi-Ma’ruf sebagai pemenang Pilpres 2019 dan mendapatkan mandat dari masyrakat Indonesia untuk memimpin lima tahun kedepan.

“Posisi PAN ingin bergabung tanpa ada persyaratan, karena kami menghormati Jokowi-Ma’ruf sebagai pemenang Pilpres 2019. Mereka mendapatkan mandat dari rakyat yang menilai lebih baik memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” kata Bara, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Bara menegaskan Indonesia yang menganut sistem predensial memiliki hak prerogatif untuk membentuk kabinet dan memilih menteri untuk membantu presiden di pemerintahan.

Menurut Bara, presiden memiliki hak untuk memutuskan partai politik lain gabung dalam pemerintahan. Dia juga mengatakan tidak menjadi masalah apabila presiden tidak membutuhkan partai lain dalam koalisi.

“Jadi kami sadar dengan kenyataan tersebut, dan kami tidak mengajukan syarat apa-apa. Ide ‘power sharing’ 55-45 itu bertentangan dengan sistem presidensial,” ujarnya lagi.

Bara mengatakan PAN benar-benar ingin bergabung untuk membantu Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, membantu menjawab berbagai tantangan yang dihadapi Indonesia serta melaksanakan janji kampanye.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker