Berita UtamaEkonomi & Bisnis

Pagi ini Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Menguat ke Rp 14.190

findonews, JAKARTA – Pagi ini, Selasa (1/10), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat ke Rp 14.190 per dolarnya. Nilai tukarnya menguat 0,04 persen dibanding hari Senin (30/9) sebesar Rp 14.195 per dolar AS.

Pergerakan mata uang Asia bervariasi terhadap dolar AS pagi ini, terdapat mata uang yang menguat seperti dolar Hong Kong yang menguat 0,02 persen, baht Thailand sebesar 0,05 persen, dan peso Filipina sebesar 0,1 persen.

Ada juga mata uang yang melemah seperti dolar Singapura yang melemah 0,04 persen terhadap dolar AS, yen Jepang melemah 0,06 persen, dan won Korea Selatan melemah 0,15. Sementara itu negeri tetangga Malaysia tidak bergerak terhadap dolar AS.

Dilansir CNN Indonesia, dolar Australia menguat 0,04 persen terhadap dolar AS, sedangkan mata uang negara maju lainnya seperti euro dan poundsterling Inggris masing-masing melemah sebesar 0,02 dan 0,09 persen.

Direktur Utma PT Garuda, Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan nantinya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan terus melemah karena dampak dari kelanjutan perang dagang AS-Cina.

Perang dagang kedua tersebut terus memanas, terlebih ketika AS mengatakan akan menghapus Cina di bursa sahamnya. Namun, pelaku pasar masih bisa sedikit mengabaikan kabar tersebut karena pemerintah AS mengatakan itu bukan hal yang mendesak.

Semantara itu dari dalam negeri, pelaku pasar mengantisipasi data inflasi yang akan disampaikan Badan Pusat Statistik. Indeks Harga Konsumen diprediksikan akan mengalami deflasi sebesar 0,15 persen secara bulanan.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker