Berita UtamaNasional

Di Balik Padamnya Listrik di Sebagian Wilayah Jawa

findonews, JAKARTA – Sejumlah wilayah di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah mengalami pemadaman listrik pada Minggu (4/8) kemarin, bahkan beberapa wilayah mengalaminya hingga hari ini, Senin (5/8).

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), menjelaskan hal ini terjadi karena terdapat gangguan pada transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV, yang menyebabkan transfer energi listrik dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Kegagalan pengiriman energi listrik dari timur ke barat menyebabkan pembangkit listrik di wilayah tengah dan barat Jawa mengalami gangguan yang berdampak padamnya listrik di wilayah Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Dilansir CNN Indonesia, sedikitnya ada 19 Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah telah menyala hingga pukul 21.00 WIB Minggu (4/8).

Pulihnya 19 GITET menjadikan sejumlah wilayah di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten kembali normal. Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani mengatakan pemulihan ini tidak bisa langsung secara serentak, namun secara bertahap.

“Proses pemulihan terus dilakukan, memang tidak bisa secara serentak langsung menyala, namun secara bertahap penormalan terus diupayakan dengan maksimal,” ujar Cahyani. 

“PLN mohon maaf untuk pemadaman yang terjadi dan akan terus memberikan update terkait kondisi di lapangan,” tambahnya.

Cahyani menepis dugaan sabotase dalam pemadaman listrik kali ini dan menyatakan PLN akan melakukan investigasi menyeluruh terkait pemadaman listrik ini. Dia juga mengatakan pemadaman ini karena gangguan teknis, tidak ada unsur politis atau sabotase.

“Kami enggak melihat ini adanya satu yang bersifat politis atau sabotase,” kata Cahyani saat konferensi pers di P2B Gandul, Depok, Minggu (4/8). 

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker