Berita UtamaPolitik

NasDem Mungkin Akan Mendukung Anies Pada Pemilu 2024

Findonews, JAKARTA – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan partainya yang merupakan anggota koalisi Jokowi-Ma’ruf dapat mendukung kemungkinan Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk untuk ikut serta dalam pemilu 2024, dilansir The Jakarta Post.

Pada acara yang berlangsung hari Rabu (24/7), Anies berkunjung ke kantor pusat NasDem di Jakarta Pusat dan mengadakan pertemuan dengan Surya Paloh. Mereka makan siang sambil berdiskusi selama dua jam.

Surya mengatakan kepada media setelah pertemuan itu dan mengatakan bahwa ia dan Anies membahas hal-hal yang berkaitan dengan Jakarta, ia juga memberi saran kepada Anies tentang mengelola ibukota.

Ketika ditanya apakah NasDem kemungkinan mendukung Anies pada pemilu 2024, Surya menjawab bahwa hal itu tergantung pada gubernur Jakarta itu sendiri untuk memutuskan apakah ada niat untuk mencalonkan atau tidak.

“Insya Allah, jika semuanya berjalan baik, seperti yang kita harapkan,” kata Surya, menambahkan bahwa dukungan dari lebih banyak partai politik diperlukan untuk merealisasikan rencana tersebut.

Saat ini Surya Paloh menginginkan Anies fokus dan menggunakan seluruh potensinya sebagai gubernur Jakarta hingga masa tugasnya selesai pada tahun 2022.

Dalam pemilihan gubernur Jakarta 2017, NasDem berada dalam koalisi partai-partai politik yang mendukung upaya pemilihan ulang gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang merupakan sekutu dekat Jokowi.

Didukung oleh koalisi oposisi yang dipimpin Partai Gerindra, Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno mengalahkan Ahok pada putaran kedua pemilihan.

Sebelumnya, Anies adalah menteri pendidikan dan kebudayaan dalam pemerintahan Jokowi, sebelum akhirnya Jokowi melakukan rotasi.

Anies telah disebut-sebut oleh berbagai pengamat politik sebagai salah satu kandidat terkuat untuk posisi kepemimpinan negara itu di era pasca-Jokowi pada 2024.

Namanya terdaftar di antara sejumlah gubernur dan pemimpin daerah lainnya serta tokoh-tokoh politik muda yang memiliki potensi untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden berikutnya, menurut survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker