Berita UtamaGaya Hidup

Mengonsumsi Apel dan Teh Hijau dapat Mencegah Kanker

findonews, JAKARTA – Makanan yang kaya akan flavonoid seperti apel dan teh hijau dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Flavonoid adalah nutrisi tanaman yang dikenal dapat mengurangi peradangan dan dapat bertindak sebagai antioksidan kuat.

Dilansir Healthline, orang yang sering mengonsumsi makanan kaya akan flavonoid memiliki kemungkinan lebih kecil terkena penyakit kanker dan jantung daripada mereka yang tidak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid, menurut laporan dalam jurnal Nature Communications.

Menurut penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari Edith Cowan University di Australia, efek perlindungan flavonoid sangat kuat unruk orang yang sering merokok dan meminum alkohol. Nicola Bondonno, PhD, seorang peneliti utama studi ini, mengatakan temuan ini harus mendorong orang untuk makan lebih banyak buah dan sayuran, terutama jika mereka memiliki risiko tinggi untuk kanker atau penyakit jantung.

Penelitian sebelumnya memperkirakan 7,8 juta orang di seluruh dunia meninggal prematur setiap tahun karena konsumsi buah dan sayuran yang rendah. Lebih tepatnya mengonsumsi sayur dan buah kurang dari 800 gram total per hari.  “Hal terbaik yang harus dilakukan untuk kesehatan Anda adalah tidak merokok dan mengurangi alkohol,” ujar Bondonno kepada Healthline.

“Tapi perubahan gaya hidup semacam ini bisa jadi tantangan, sehingga mendorong konsumsi flavonoid mungkin merupakan cara baru untuk mengurangi risiko yang meningkat sambil juga mendorong orang untuk berhenti merokok dan mengurangi asupan alkohol.” tambahnya.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker