Berita UtamaGaya Hidup

Manfaat Mandi Air Panas Sebelum Tidur

findonews, JAKARTA – Mandi air panas sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih baik, terutama jika suhu air dan waktu mandi tepat, dikutip dari Healthline.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Shahab Haghayegh, seorang kandidat PhD di departemen teknik biomedis di University of Texas, Austin, melakukan analisis data sistematis mengevaluasi penelitian yang mengaitkan mandi, suhu air, dan kualitas tidur.

Para peneliti meninjau 5.322 studi dan menggunakan sekitar selusin dengan metodologi yang kuat untuk membuat kesimpulan mereka. Laporan ini diterbitkan dalam ulasan Sleep Medicine.

Menurut hasil mereka, mandi satu hingga dua jam, idealnya 90 menit sebelum tidur di air pada suhu 104 hingga 109°F (40 hingga 43°C) membantu orang mendapatkan kualitas tidur terbaik.

Mandi pada waktu dan suhu itu dapat membantu Anda tertidur rata-rata 10 menit lebih cepat dari biasanya dan membuat kualitas tidur Anda lebih baik. Laporan mereka mengeksplorasi efek bagaimana panas tubuh dapat memengaruhi kemampuan untuk tertidur.

Informasi pada temuan ini juga termasuk tentang latensi onset tidur, yang merupakan berapa lama untuk bangun dari bangun penuh sampai tidur, efisiensi tidur, jumlah waktu yang dihabiskan untuk tidur relatif terhadap jumlah total waktu yang dihabiskan di tempat tidur yang dimaksudkan untuk tidur, dan kualitas tidur subjektif.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker