Berita UtamaNasional

Luhut Membantah Tuduhan Amien Rais

findonews, JAKARTA – Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman membantah Amien Rais dan menyatakan pembangunan ibu kota baru tidak melibatkan dana dari Cina. Menurutnya, sumber domestik sudah cukup untuk membangun ibu kota baru.

“Tidak ada (China) sama sekali,” ujar Luhut di kantornya, Selasa (3/9).

Luhut mengatakan berdasarkan informasi yang ia terima dari Badan Perncanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sumber pembiayaan nasional masih mencukupi untuk membangun ibu kota baru. Dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan itu menelan anggaran sebesar Rp466 miliar.

Dilansir CNN Indonesia, 19,2 persen dari anggaran tersebut rencananya akan disokong dana APBN, sedangkan kebutuhan anggaran lain rencananya akan dipenuhi dari swasta dan dengan kerja sama pemerintah dengan swasta.

Dengan perencanaan dana yang seperti itu, Luhut membantah tuduhan terhadap Pemerintah yang mengatakan terdapat campur tangan CIna dalam perencanaan pembangunan ibu kota baru.

“Jadi, tidak butuh sama sekali (pembiayaan dari China),” ujarnya.

Sebelumnya, Mantan Ketua MPR RI Amien Rais menuduh ada campur tangan Cina dalam pemindahan ibu kota baru. Dia mengatakan pemindahan ibu kota bukan menunggu studi dari Bappenas, tetapi menunggu studi dari Cina.

“Sesungguhnya memindah Jakarta bukan karena menunggu studi Bappenas, tapi studi Beijing. Itu jelas sekali,” kata Amien dalam diskusi di Kompleks Parlemen, Selasa (3/9).

Ibu kota baru akan dipindahkan ke Kalimantan Timur di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Desain tata ruang dan payung hukum ditargetkan rampung 2020, kemudian proses kontruksi berlangsung setelah itu secara bertahap hingga 2024.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker