Berita UtamaEkonomi & Bisnis

Laba Bersih Indofood Meningkat 25% Dalam Sembilan Bulan Pertama

findonews, JAKARTA – Pertumbuhan laba bersih perusahaan makanan PT Indofood Sukses Makmur naik dua digit dari periode Januari hingga September tahun lalu di periode yang sama tahun ini, dengan pertumbuhan penjualan moderat berkat biaya yang lebih rendah.

Secara keseluruhan penjualan Indofood dengan produk dan layanan yang mencakup mie instan, tepung terigu, minyak kelapa sawit dan bumbu, tumbuh 5,67 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp 57,85 triliun dalam periode sembilan bulan.

Dilansir The Jakarta Post, laba bersih Indofood melonjak 25 persen menjadi Rp 3,53 triliun yoy dalam periode yang sama karena biaya yang terkait dengan pembiayaan turun 30,65 persen.

Direktur Utama dan CEO Anthoni Salim mengatakan kinerja keuangan perusahaan yang kuat didukung oleh unit bisnis tepung dan makanan olahannya.

“CBP dan Grup Bogasari terus melaporkan kinerja yang kuat, sementara Grup Agribisnis digerogoti oleh harga CPO [minyak kelapa sawit] yang lebih rendah sepanjang tahun. Ke depan, kami akan tetap fokus pada merebut peluang dan mempertahankan keunggulan kompetitif kami.” kata Anthoni dalam sebuah pernyataan.

Selama periode Januari hingga September tahun ini, anak perusahaan makanan olahan yang terdaftar di perusahaan, PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), mencatat pertumbuhan penjualan 11,2 persen yoy menjadi Rp 32,79 triliun.

Kenaikan penjualan mengakibatkan meningkatnya laba bersih, yang pada September, meningkat 15,92 persen yoy menjadi Rp 3,88 triliun dari Rp 3,48 triliun pada tahun sebelumnya.

Anthoni mengatakan ICBP mampu mencapai pertumbuhan dua digit dalam penjualan dan laba bersih dengan berfokus pada strategi meningkatkan distribusi dan memperkuat posisinya di pasar.

Terlepas dari kinerja makanan olahan yang kuat, Indofood masih menghadapi tekanan dari kelompok agribisnisnya karena harga CPO yang rendah sepanjang tahun.

“Ke depan, kami akan tetap berhati-hati dan menyesuaikan diri secara dinamis dalam menghadapi perkembangan ekonomi global dan domestik, serta fokus pada meraih peluang yang tersedia,” kata Anthoni.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker