Berita UtamaNasional

KontraS Mengatakan Yusuf Kardawi Meninggal Akibat Luka Tembak

findonews, JAKARTA – KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) menemukan fakta bahwa Muhammad Yusuf Kardawi, korban meninggal saat aksi 26 September di Kendari, meninggal karena luka tembak.

Sebelumnya Yusuf meninggal diduga karena luka serius dibagian kepala, hanya Immawan Randi yang disebut secara terang-terangan meninggal karena luka tembak di bagian dada.

Dlansir CNN Indonesia, Kepala Divisi Pembelaan HAM KontraS Arif Nur Fikri mengungkapkan temuan sejumlah fakta baru yang menunjukkan kedua mahasiswa itu meninggal karena penggunaan senjata api.

Yusuf Kardawi dan Immawan Randi adalah mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari yang meninggal saat melakukan aksi menolak sejumlah RUU yang  dianggap bermasalah di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Jadi kami meragukan bahwa dia [Yusuf Kardawi] meninggal itu akibat luka pertamanya karena pemukulan. Ada dugaan, dia jatuh tersungkur itu karena adanya dugaan penembakan,” terang Arif dalam konferensi pers di kantor KontraS, Jakarta, Senin (14/10).

Fakta tersebut didapatkan dari saksi mata yang berada tepat didekat Yusuf Kardawi, Arif mengatakan ketika saksi mata tersebut ingin menolongmalah ditodongkan senjata api oleh aparat yang menyamar menjadi preman.

“Salah satu saksi yang kami wawancara itu mengatakan, saat dia mau menolong, itu dia diarahkan senjata api oleh orang yang berseragam preman yang diduga aparat kepolisian,” lanjut Arif.

Arif menambahkan, saksi tersebut langsung berlari zig-zag dan saat itulah saksi melihat ada mahasiswa lain yang tersungkur, belakangan diketahui itu adalah Immawan Randi.

Ketika situasi mulai mereda, Yusuf Kardawi dilarikan ke rumah sakit, Arif mengatakan, menurut saksi tengkorak belakang Yusuf tersa lembek dan samar terlihat lubang.

“Kalau jatuhnya ke depan, seharusnya yang luka itu bagian depan. Tapi ini luka di bagian belakang. Dan dikonfirmasi oleh teman yang membawanya, dia melihat bahwa di kepala belakangnya itu ada sedikit lubang dan banyak mengeluarkan darah,” terang Arif.

Meski begitu, sampai saat ini Arif belum dapat menyimpulkan apakah luka pada tengkorak Yusuf Kardawi tersebut adalah luka tembak dari tembakan langsung atau serpihan peluru.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker