Berita UtamaNasional

Kemenristekdikti Berencana Memajukan Ujian Masuk PTN 2020

findonews, JAKARTA – Rencananya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan memajukan ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2020 menjadi akhir tahun ini.

“Memang [akan] dimajukan,” kata Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim kepada CNN Indonesia, Rabu (14/8).

Dilansir CNN Indoensia, nantinya ujian tersebut diberlakukan pada segmen Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Ainun mengatakan, tanggal untuk pelaksanaan UTBK 2020 belum ditentukan, dia hanya mengungkapkan UTBK 2020 akan dilaksanakan saat siswa SMA menginjak semester 5.

“Sehingga siswa SMA yang sudah kelas 3 itu sudah mulai ikut seleksi,” jelas Ainun.

Ainun mengatakan, sebenarnya proses ujian masuk perguruan tinggi di beberapa negara lain juga dilakukan saat sebelum murid lulus SMA. Contohnya seperti Australia, Singapura, dan juga Amerika Serikat.

“Ya seperti di Australia itu orang bisa daftar perguruan tinggi pas kelas tiga sebelum lulus. Singapura juga, AS juga, jadi tujuannya untuk memperluas kesempatan,” ujar Ainun.

Rencana ujian masuk PTN lewat UTBK 2020 sudah mendapat penolakan dari beberapa pihak. Sejauh ini sudah ada yang membuat petisi untuk menolak rencana tersebut. Petisi itu dibuat oleh Devan Hadrian, Selasa (12/8) dengan judul ‘Tolak Dimajukannya UTBK ke Semester 5’.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru ada tiga, pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mana siswa akan diseleksi langsung lewat prestasinya tanpa harus ikut ujian.

Kedua ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dimana calon mahasiswa harus mengikuti UTBK terlebih dulu. Materi UTBK terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tespotensi akademik (TPA). Nantinya mereka akan diseleksi lewat nilai UTBK.

Nantinya Kemenristek Dikti akan mengumumkan hasil SBMPTN berdasarkan nilai UTBK calon mahasiswa. Sedangkan ujian mandiri, tes diadakan oleh perguruan tinggi masing-masing dan tidak semua PTN ada ujian mandiri

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker