Berita UtamaEkonomi & Bisnis

Jebakan Pertumbuhan

Image: Ilustrasi/shutterstock
Image: Ilustrasi/shutterstock

 

Findonews – Bisnis yang besar terlalu cepat memang tak baik, meski semua orang menginginkan jackpotini bak berharap durian runtuh. Judul buku dan seminar kan judulnya senada : “cara cepat mendatangkan omzet” atau “cara instan meledakkan bisnis Anda” seperti mengajarkan cara-cara luar biasa untuk berkembang. Padahal dalam apapun, ada prinsip kebertumbuhan yang harus dijalani. Bertumbuh secara bertahap akan menghasilkan pondasi atau kekuatan yang baik bagi, misalnya, bisnis.

Bahkan, berkembang terlalu cepat bisa jadi sebuah jebakan yang meruntuhkan. Istilahnya“growth trap” atau jebakan pertumbuhan. Contohnya adalah ketika Anda baru buka usaha konveksi, 3 bulan kemudian datang order dalam jumlah besar karena akan berlangsung kampanye politik. Order ini mungkin begitu besarnya, katakanlah 15 kali lipat kapasitas produksi usaha konveksi yang baru berdiri itu. Beberapa hal yang biasa dilakukan adalah : mencari pinjaman uang untuk modal tambahan, menambah jumlah pegawai, mengejar kuantitas dan mulai mengabaikan kualitas produk dengan cara percepatan atau pemangkasan proses produksi.

Target jangka pendek bisnis akan tercapai : omzet ‘meledak’ dan keuntungan meningkat. Tapi dalam jangka menengah dan panjang, brand bisa jadi dikorbankan karena kualitas jatuh disebabkan proses produksi yang mengabaikan Quality Assurance, atau skill pegawai yang baru direkrut seadanya. Manajemen keuangan yang belum prudent bisa jadi gagal kembalikan modal. Lalu over capacity menyisakan karyawan yang tidak produktif, artinya perusahaan jadi tidak efisien.

Tak jarang perusahaan justru mandeg di saat pertumbuhan. Ini sebuah jebakan yang kita bisa lolos dan menjadi perusahaan lebih besar. Atau malah tenggelam tak mampun menanggungstage bisnis yang lebih tinggi. (end/findonews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker