Berita UtamaInternasional

Israel dan Hizbullah Saling Tembak di Perbatasan Libanon

findonews, JAKARTA – Israel dan Hizbullah terlibat baku tembak di sepanjang perbatasan Libanon setelah seminggu meningkatnya ketegangan antara keduanya.

Dilansir Al Jazeera, Militer Israel mengatakan pihaknya menembak ke Libanon selatan pada hari Minggu (1/9) setelah sejumlah rudal anti-tank ditembakkan Hizbullah menargetkan pangkalan militer Israel dan kendaraan di dekat perbatasan.

Rudal-rudal itu mengenai beberapa sasaran di kota Avivim, perbatasan Israel pada hari Minggu (1/9). Menurut Hizbullah rudal itu berhasil menghancurkan sebuah tank dan membunuh serta melukai orang di dalamnya.

Akan tetapi Israel mengatakan serangan itu tidak menimbulkan korban dipihaknya, dalam pernyataannya Israel hanya mengatakan ada sejumlah rudal anti-tank ditembakkan dari Libanon ke pangkalan militer dan kendaraan militer Israel.

Imbas serangan itu, Israel menyerang Libanon dengan menembaki mereka dan mengklaim telah menyerang setidaknya 100 target yang ada di Libanon.

Penembakan itu mereda sejak militer Israel mengatakan pertempuran dengan Hizbullah nampaknya telah berakhir. Jonathan Conricus, seorang juru bicara militer, mengatakan bahwa rudal Hizbullah menyebabkan kerusakan di pangkalan dan merusak ambulans militer.

Militer Libanon mengatakan Israel menembakkan setidaknya 40 peluru ke arah kota-kota perbatasan Yaroun dan Maroun al-Ras sebagai balasan atas serangan rudal. Media Israel juga mengatakan setidaknya satu seranga udara terjadi.

Perdana Menteri Libanon Saad Hariri mengatakan ia memanggil Menteri Luar Negeri AS dan diplomat top Perancis untuk membahas peristiwa tersebut. Hariri meminta AS dan Perancis untuk terlibat dalam menghadapi perkembangan di daerah perbatasan selatan itu.

Dalam sebuah pernyataan yang diterima Al Jazeera, misi UNIFIL PBB, yang hadir di perbatasan kedua negara, menyerukan keduanya untuk menahan diri.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker