Berita UtamaInternasional

Iran Terbuka Untuk Berdialog Dengan Arab Saudi

findonews, JAKARTA – Juru bicara parlemen Iran mengatakan Teheran terbuka dengan gagasan untuk memulai dialog dengan saingan regional Arab Saudi.

Al Jazeera mewawancarai Ari Larijani, juru bicara parlemen Iran, beberapa hari setelah Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman mengatakan lebih memilih damai dengan Iran daripada konflik militer.

“Iran terbuka untuk memulai dialog dengan Arab Saudi dan negara-negara lain di kawasan itu,” kata Larijani di Teheran.

“Dialog Iran-Saudi dapat menyelesaikan banyak masalah keamanan dan politik di kawasan itu.”

Larijani juga mengatakan bahwa Arab Saudi tidak perlu bergantung pada sekutu utamanya, Amerika Serikat.

“Riyadh dapat mengajukan proposal untuk dibahas di meja dialog Iran-Saudi tanpa prasyarat dari pihak kami,” kata Larijani.

“Kami juga menyambut baik apa yang telah dikutip bahwa Pangeran Mohammed bin Salman ingin berdialog, karena mungkin baik mengetahui bahwa Arab Saudi memikirkan kepentingan kawasan itu terlebih dahulu,” tambahnya, merujuk pada komentar putra mahkota Saudi.

Pangeran Mohammed menunjukkan bahwa harga minyak mentah dapat melonjak ke angka tinggi yang tak terbayangkan dalam kasus konflik bersenjata ini.

“Wilayah ini mewakili sekitar 30 persen dari pasokan energi dunia, sekitar 20 persen dari bagian perdagangan global, sekitar empat persen dari PDB dunia [produk domestik bruto],” kata Mohammed.

Beberapa hari setelah mengunjungi Arab Saudi di mana ia mengadakan pembicaraan dengan Raja Salman, Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi mengatakan itu adalah kepentingan semua orang untuk mencegah perang lebih lanjut di wilayah tersebut.

Abdul Mahdi mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera bahwa kekacauan dan kehancuran akan menghantam wilayah itu secara keseluruhan jika terjadi konflik militer.

“Tidak ada yang memiliki senjata yang diperlukan untuk menghadapi musuh mereka dengan pukulan fatal. Kekacauan dan kehancuran akan menghantam wilayah itu secara keseluruhan.” Ujar Mahdi.

Abdul Mahdi menekankan pentingnya menyelesaikan konflik yang telah berlangsung lama di Yaman sebagai awal untuk mencapai perdamaian regional.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker