Berita UtamaEkonomi & Bisnis

Inovasi, Syarat Bertahan Dalam Kompetisi

Image: end
Image: end

 

Findonews – Pasti sudah dengar banyak kisah sukses tentang organisasi/ perusahaan yang sukses berinovasi. Sebetulnya lebih banyak lagi kisah perusahaan yang justru mati karena terlambat bereaksi terhadap kompetisi. Tapi yang mati selalu tak masuk memori karena tak mencetak sejarah.

Yang sukses misalnya Apple (dari produsen PC ke perangkat pemutar musik & multimeda environment, lalu ke gadget dan smartphone), Adidas, Nike, Oakley (dari perusahaan olahraga menjadi fashionable and customized sport stuff), Nokia (dari perusahaan kertas ke perangkat hape dan telekomunikasi, meski sekarang sedang payah).
Yang stagnan misalnya Ford (digilas mobil murah dan irit a la Jepang), Boeing (tak adaptasi dengan kebutuhan pesawat kecil jarak pendek) dan Blackberry (dimakan Android dan Apple).

Yang pailit contohnya Kodak (karena tak bisa bertahan dari serangan digitalisasi fotografi), Lehman Brothers, Enron, Worldcom, ABN-Amro, Arthur Andersen, AIG dan Bear Stearns (karena skandal keuangan). Sony, Panasonic, Sharps sedang sekarat karena tekanan resesi ekonomi Jepang dan produknya tak lagi bisa bersaing melawan speed trap yang diciptakan pemain elektronik Korsel.

Tapi tak perlu contoh perusahaan di luar. Di sekitar kita ada contoh KFC yang sukses dari penjual ayam siap saji menjadi resto-cafe dan ‘produsen album musik’. Tapi yang bubar di level UMKM banyak banget : kemana perginya penjual pisang Pontianak yang dulu menjamur? Kemana hilangnya penjual tahu pedas jeletot yang ada di setiap sudut jalanan 2 tahun terakhir? Usaha sablon kaos, singkong aneka rasa, bimbingan belajar, es cincau, kebab pinggir jalan, semua menghilang.

Pada akhirnya, bukan soal yang paling heboh dan melesat cepat. Tapi yang paling lama bertahan dan terus menguntungkan. Salah satunya dengan INOVASI. Bagaimana caranya? (end-findonews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker