Sains & Teknologi

Inilah Orang-Orang Muda Yang Memiliki Penghasilan Fantastis Melalui YouTube

pewdiepieJejaring berbagi video milik Google, YouTube nampaknya sudah tidak asing di telinga orang-orang saat ini. Dengan terdapat bermacam-macam video, menjadikan YouTube sebagai acuan seperti, cara memasak, cara membongkar atau memasang sebuah komponen komputer, atau mengulas sebuah perangkat komputer atau perangkat smartphone.

Namun, ternyata melalui YouTube juga, sesesorang dapat menjadi kaya hanya dengan mengunggah video mereka ke situs YouTube sendiri, seperti orang-orang muda berikut ini yang sudah memiliki penghasilan fantastis dengan mengunggah video mereka.

Bethany Mota

Bethany Mota adalah remaja usia 19 tahun, yang sukses berkiprah di dunia YouTube. Bethany mengelola channel YouTube-nya yang bernama “Macbarbie07″ dengan konten kecantikan dan mode terbaru seperti ulasan produk kecantikan terbaru, atau gaya hidup. Bethany Mota memulai mengunggah video YouTube pada 2009 lalu, dan kini channel YouTube miliknya sudah memiliki jumlah subscriber sebanyak 9 juta. Penghasilan yand didapatkan Bethany Mota dalam setahun setidaknya berkisar 750 juta Rupiah dalam setahun.

Jenna Mourey

Jenna Mourey, wanita berusia 28 tahun ini juga ikut sukses dengan mengunggah video yang dibuatnya ke YouTube. Bermula dari tahun 2010, dimana Jenna mulai aktif di YouTube dengan mengunggah video bersama anjing peliharaannya. Namun tidak hanya itu, video yang diunggah oleh Jenna juga berisi tentang kisah dalam perjalanan keseharian yang dialami oleh Jenna sendiri. Hingga saat ini, kanal YouTube Jenna Mourey yang bernama “JennaMarbles” sudah memiliki jumlah subscriber lebih dari 15 juta, dengan penghasilan setidaknya berkisar 1 miliar dalam satu tahun.

Ryan Higa

Ryan Higa adalah seorang YouTuber asli Jepang yang tinggal di Amerika Serikat. Diumurnya yang masih terbilang muda, 25 tahun, Ryan Higa sudah memiliki penghasilan yang fantastis. Bagaimana tidak, melalui video yang diunggahnya, Ryan Higa dapat menghasilkan uang kurang lebih 2 miliar Rupiah dalam setahun. Ryan Higa yang memiliki channel YouTube “nigahiga” merupakan channel dengan konten dagelan lucu, yang saat ini jumlah subscriber-nya sebanyak 15 juta lebih, dan jumlah videonya telah ditonton sebanyak lebih dari 2 miliar kali. Pada debut pertamanya, Ryan mulai mengunggah videonya pada tahun 2006 dengan video lypsinc.

Ian Hecox dan Anthony Padilla

Duo sahabat ini telah bergabung di YouTube sejak 2005, dengan channel-nya yang bernama “Smosh”. Video yang diunggah oleh duo yang sama-sama berumur 27 tahun ini berisikan tentang sindiran-sindiran yang sedang populer, dengan pembawaan yang lucu dan menghibur. Selain itu, mereka juga mengunggah video, yang mengadaptasi dari sebuah game, dan dibawa ke dunia nyata. Penghasilan keduanya dari channel YouTube mereka kurang lebih sekitar 3 miliar Rupiah per tahun, dengan jumlah subscriber lebih dari 21 juta.

Felix Kjellberg

Siapa yang tak mengenal channel “PewDiePie”? Bagi yang belum tahu, channel tersebut merupakan channel gaming terbesar di YouTube, dengan jumlah subscriber sebanyak 39 juta lebih, dan angka ini adalah jumlah subscriber tertinggi di YouTube. Adalah Felix Kjellberg, pemuda asal Swedia yang mengelola channel YouTube-nya, dengan debutnya pada tahun 2010. Felix membuat channel YouTube ini semata-mata untuk mengisi waktunya semasa dia kuliah. Namun, karena Felix lebih fokus ke channel YouTube-nya, dia terpaksa dikeluarkan dari bangku kuliah, dan kedua orang tuanya pun tidak mendukung akan pilihan yang diambil oleh Felix. Demi membiayai produksi untuk video di channelnya, Felix menyiasati dengan berjualan hotdog, dan hasil berjualan tersebut digunakan untuk biaya pembuatan video gaming-nya. Perlahan namun pasti, pada tahun 2012 channel YouTube “PewDiePie” telah mencapai angka 1 juta subscriber. Hingga kini, terhitung sejak September 2015, video di channel “PewDiePie” sudah disaksikan sebeanyak 1 miliar kali.

Untuk penghasilan, tidak perlu ditanya lagi mengingat jumlah subscriber yang diperolehnya merupakan peringkat pertama dengan jumlah terbanyak di YouTube. Namun bagi yang penasaran, kabarnya jumlah penghasilan Felix dalam setahun bisa menyentuh angka 12 miliar Rupiah dalam satu tahunnya, sangat fantastis bukan?

Data-data di atas diambil dari sebuah situs analisis YouTube, Social Blade yang mana dapat menampilkan penghasilan rata-rata sebuah channel YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker