Berita UtamaSains & Teknologi

India Berhasil Meluncurkan Roket Ke Bulan

Findonews – Badan Antariksa India telah berhasil meluncurkan roket tak berawak ke bulan. Upaya ini merupakan momen penting dalam perjalanan India untuk menjadi negara adidaya ruang angkasa.

Dilansir Lad Bible upaya ini disebut Chandrayaan-2, berangkat dari Satish Dhawan Space Center di Sriharikota, Andhra Pradesh pada Senin (22/7) 14:43 waktu setempat.

Peluncuran ini sebenarnya adalah upaya kedua India meluncurkan roket ke ruang angkasa, setelah upaya pertama dibatalkan kurang dari satu jam sebelum waktu peluncuran pada 15 Juli sebagai akibathambatan teknis.

India ingin menjadi negara keempat yang melakukan pendaratan di permukaan bulan, mengikuti jejak Cina, Amerika Serikat, dan Uni Soviet.

Roket ini memiliki berat 3,8 ton dan terdiri dari tiga bagian – pengorbit bulan, modul pendaratan dan penjelajah bulan. Semua teknologi telah dikembangkan oleh Indian Space Research Organisation (ISRO).

Roket ini akan melakukan perjalanan selama dua bulan sebelum memasuki orbit 100 km di atas permukaan bulan.

Vikram, pendarat yang dinamai legenda eksplorasi ruang angkasa India yang disebut Vikram Sarabhai, kemudian akan terpisah dari badan utama roket dan mencoba pendaratan di dekat titik paling selatan bulan.

Jika berhasil, penjelajah bulan yang dinamakan Pragyan, yang berarti ‘kebijaksanaan’ -akan menghabiskan seluruh hari bulan (yaitu 14 hari di Bumi) di permukaan melakukan percobaan dan mengumpulkan sampel mineral dan kimia.

ISRO mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Sementara di sana, kami juga akan mengeksplorasi penemuan yang dibuat [misi sebelum misi terbaru ini] Chandrayaan-1, seperti keberadaan molekul air di Bulan dan jenis batuan baru dengan komposisi kimia yang unik.”

“Melalui misi ini, kami bertujuan untuk memperluas jejak India di ruang angkasa, melampaui aspirasi internasional dan menginspirasi generasi ilmuwan, insinyur, dan penjelajah masa depan.”

Rajeswari Pillai Rajagopalan, kepala inisiatif kebijakan nuklir dan ruang angkasa India di Observer Research Foundation, mengatakan: “India ingin menunjukkan, terutama karena Perdana Menteri [Narendra] Modi mulai menjabat, bahwa India adalah kekuatan utama, dan bahwa India harus diperlakukan sebagai kekuatan utama Indo-Pasifik, “

Misi ini kemudian akan ditindaklanjuti oleh Chandrayaan-3, yang akan bertujuan untuk membawa roket lain ke bulan antara 2023 dan 2024.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker