Berita UtamaNasional

Idham Azis Resmi Dilantik Sebagai Kapolri

findonews, JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Kapolri baru Jenderal Idham Azis di Istana Negara, Jakarta, Jum’at (1/11). Idham menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang telah ditunjuk Presiden untuk menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Pengangkatan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 97 Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI dan mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat.

Pada kesempatan itu Idham diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi dan juga naik pangkat menjadi jenderal polisi, Jokowi mengganti tanda pangkat Idham dari bintang tiga menjadi bintang empat setelah membacakan keputusan presiden tentang kenaikan pangkat.

Dilansir CNN Indonesia, pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan seluruh menteri dari jajaran Kabinet Indonesia Maju, dan juga sejumlah pimpinan partai politik.

Sehari sebelum pelantikan, Idham telah resmi ditetapkan oleh DPR dalam rapat paripurna sebagai Kapolri, hal itu dilakukan setelah Idham lolos uji kepatuhan dan kelayakan di Komisi III DPR RI.

Setelah uji kelayakan dan kepatutan, Komisi II DPR langsung menetapkan Idham sebagai Kapolri, seluruh fraksi di Komisi III setuju secara aklamasi Idham Azis menjadi Kapolri menurut pernyataan Ketua Komisi III Herman Azis.

Ada banyak PR yang telah menanti Kapolri baru Idham Azis, salah satunya adalah kasus serangan penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Sebenarnya Idham Azis dianggap gagal dalam menyelesaikan kasus ini karena sebelumnya ia menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya dan juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang memiliki tugas untuk menyelesaikan kasus yang terjadi sejak 2017 ini.

Ia juga menjadi penanggung jawab Tim Teknis Polri yang dibentuk untuk menyelesaikan kasus Novel, tetapi tim ini juga gagal memenuhi tenggat waktu yang diberikan Jokowi selama tiga bulan sejak Juli 2019.

Namun, ia menyatakan setelah dilantik akan menunjuk Kabareskrim baru dan segera memberikannya waktu untuk segera mengungkap kasus tersebut.

“Saya nanti begitu dilantik, saya akan menunjuk Kabareskrim baru, dan saya beri dia waktu untuk segera mengungkap kasus itu,” kata Idham di Jakarta.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker