Berita UtamaNasional

‘Ibukota Baru Akan Berada di Kalimantan’

findonews, JAKARTA – Rencana puluhan tahun untuk merelokasi ibukota dari Jakarta akhirnya akan terealisasikan setelah Presiden Joko Widodo memutuskan Kalimantan sebagai ibukota baru, kata seorang Menteri.

Dilansir The Jakarta Post, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, Presiden sebelumnya telah mensurvei Kalimantan dan memutuskan memindahkan ibukota dari Jakarta kesana.

“[Ibukota baru] akan berada di Kalimantan. Provinsinya akan diumumkan nanti, ”kata Bambang.

Jokowi mengumumkan pada bulan Mei bahwa pemerintah akan mendorong maju rencana untuk memindahkan ibukota di luar Jawa, dengan alasan perlunya mengatasi kelebihan populasi di pulau terpadat di Indonesia tersebut dan untuk memastikan pembangunan yang lebih adil.

Dalam sebuah wawancara eksklusif baru-baru ini dengan The Jakarta Post, Bambang mengatakan lokasi untuk ibukota baru akan diumumkan pada akhir tahun ini.

Ibukota baru ini direncanakan untuk menampung 1,5 juta penduduk, yang mencakup sekitar 200.000 pejabat negara dan 25.000 personil polisi dan militer. Pemerintah akan membutuhkan sekitar 33 miliar dolar AS untuk merealisasikan ini.

Keputusan Presiden Jokowi memindahkan ibukota dari Jakarta ke Kalimantan dikritik oleh beberapa pihak, banyak yang menyayangkan keputusan Jokowi ini karena tingkat kemiskinan di Indonesia masih tinggi dan keuangan negara sedang dulit.

Wakil Ketua Komisi XI DPR, Achmad Hafidz Tohir mengatakan seharusnya Presiden berpihak kepada rakyat, ia menanyakan urgensi apa pemindahan ibukota padahal kemisikinan di Indonesia masih sangat tinggi.

“Kalau kita masih susah kenapa harus pindah Ibu Kota? Kita dipilih oleh rakyat, Presiden juga harusnya kita berpihak kepada rakyat,” katanya.

Fadli Zon juga menilai pemindahan ibukota untuk saat ini tidak masuk akal karena keuangan negara yang sedang sulit.

“Di tengah minta untuk mendapatkan anggaran dana sulit, yah pencapaian negara sulit apakah ini masuk akal? Jadi menurut saya sih enggak masuk akal untuk saat ini, kecuali kita ada kelebihan anggaran dana yang memang dipersiapkan dan tempat juga penting dimana,” ujar Fadli.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker