Berita UtamaInternasionalOlahraga

Hamilton Kunci Gelar Di GP Amerika meski diasapi Bottas

Austin – Hasil yang sempurna bagi tim Mercedes pada pekan ini, dua driver merka mendominasi pada lanjutan Grand Prix Formula 1 Amerika Serikat. Valtteri Bottas berhasil finish P1, sementara Lewis Hamilton yang memulai start dari P4 berhasil finish di posisi ke-2 sekaligus mengunci gelar juara dunia 2019.

Race yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Senin (4/11) dini hari WIB. Selepas start, Bottas yang start di posisi terdepan langsung mengamankan posisinya, sempat mendapatkan tekanan dari pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, namun sial bagi Vettel, mobil Ferrarinya tidak memiliki grip yang bagus pada ban mediumnya,Vettel merosot ke posisi ketujuh dari awal barisan depan setelah berjuang dengan understeer besar di lap awal. Sementara Bottas melesat di posisi terdepan di ikuti Verstappen dan juga Hamilton.

Melalui tim radio, Vettel yang melaporkan ada sedikit kerusakan pada mobilnya sehingga ia tidak bisa berbuat banyak di belakang Daniel Ricciardo. Pada lap ke-8 kesialan menimpa Sebastian Vettel, memasuki tikungan ke-10 mobil Ferrari Vettel harus mengalami kerusakan suspensi pada bagian belakang. Juara dunia 4 kali itupun harus mengakhiri balapan lebih awal.

Perang posisi 1-3 pun terjadi pada pertengahan lap, adu strategi dari tim Red Bull dan Mercedes menjadi tontonan menarik pada balapan kali ini. Red Bull mencoba melakukan pit lebih awal dan memanfaatkan undercut untuk mendahului Bottas, namun Mercedes merespon apa yang dilakukan oleh Red Bull dan beberapa lap kemudian Bottas masuk pit untuk mengindari Undercut oleh Verstappen. Hamilton yang berusaha finish di depan Verstappen, melakukan strategi dengan 1 pitstop saja, sementara Bottas dan Verstappen melakukan 2 pitstop.

Hamilton yang hanya melakukan 1 pitstop berhasil melaju di depan Bottas dan Verstappen, namun Bottas yang memakai ban Medium lebih baru mampu memotong jarak dengan Hamilton sedikit demi sedikit. Bottas berada dalam jarak DRS dari Hamilton pada lap tersisa dan pada putaran berikutnya Hamilton sedikit melebar, itu memberikan Bottas peluang untuk menyusul pada lurusan panjang dengan menggunakan DRS. Namun Hamilton memberikan perlawanan yang mengakibatkan melebarnya Bottas. Namun pada lap selanjutnya Bottas yang mendapatkan keuntungan menggunakan DRS behasil menyalip Hamilton tanpa hambatan, ia pun kemudian melaju meninggalkan Hamilton.

Fokus berubah menujur pertarungan posisi ke-2 antar Hamilton dan Verstappen. Verstappen yang melakukan 2 Pitstop mendapatkan keuntungan dengan menggunakan ban yang lebih baru dan memiliki grip yang lebih bagus ketimbang Hamilton. Namun traffic mengganggu Verstappen untuk merebut posisi Hamilton.

Hingga lap akhir Bottas tetap menjadi yang terdepan. Driver asal Finlandia itu pun keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 1 jam 33 menit 55.63 detik saat melahap 56 lap.

Di susul kemudian oleh Hamilton di posisi kedua. Memulai race dari posisi keempat, pebalap Britania Raya itu finis kedua dengan catatan waktunya hanya terpaut 4.148 detik dari Bottas.

Hasil runner up sudah cukup bagi Hamilton untuk mengunci titel juara dunia Formula 1 2019. Sisa balapan tidak akan berpengaruh terhadap posisinya karena raihan poinnya tidak akan terkejar Bottas di dua race tersisa di Brasil dan Abu Dhabi.

Dengan hasil ini Hamilton mengoleksi 381 poin, sementara Bottas di tempat kedua dengan 314 poin. Selisih poin keduanya mencapai 67 poin.

Max Verstappen (Red Bull Racing Honda) harus puas berada di posisi ke-3. Di susul Charles Leclerc (Ferrari) pada Posisi ke-4 dan Alexander Albon diposisi ke-5 (Red Bull Racing Honda).

Pembalap Renault Daniel Ricciardo berhasil menempati urutan keenam, kemudian Lando Norris, Carlos Sainz, Nico Hulkenberg, dan *Daniil Kvyat mengisi posisi 7 hingga 10.

Namun sial untuk Kvyat, ia harus dikenakan ganjaran 5 detik penalty dan harus puas turun ke posisi 12

*Kvyat turun ke posisi 12 setelah mendapatkan 5 detik penalty, Sergio Perez naik ke posisi 10.

Berikut Hasil Balapan GP Amerika Senin Dini Hari WIB (4/11)

1 Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Motorsport 56 laps

2 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Motorsport + 4.184s

3 Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing Honda + 5.002s

4 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari + 52.239s

5 Alexander Albon THA Aston Martin Red Bull Racing Honda + 78.038s

6 Daniel Ricciardo AUS Renault F1 Team + 90.366s

7 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 90.764s

8 Carlos Sainz ESP McLaren F1 Team + 1 lap

9 Nico Hulkenberg GER Renault F1 Team + 1 lap

10 Sergio Perez MEX SportPesa Racing Point F1 Team + 1 lap

11 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing + 1 lap

12 Daniil Kvyat RUS Red Bull Toro Rosso Honda + 1 lap

13 Lance Stroll CAN SportPesa Racing Point F1 Team + 1 lap

14 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing + 1 lap

15 Romain Grosjean FRA Haas F1 Team + 1 lap

16 Pierre Gasly FRA Red Bull Toro Rosso Honda + 1 lap

17 George Russell GBR ROKiT Williams Racing + 2 laps

18 Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team DNF

19 Robert Kubica POL ROKiT Williams Racing DNF

20 Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari DNF

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker