Berita UtamaEkonomi & BisnisSains & Teknologi

Google Kalah dari Baidu di Pasar Speaker Pintar Global

findonews, JAKARTA – Pasar speaker pintar global tumbuh 55,4% pada kuartal kedua tahun ini yang mencapai hingga 26,1 juta pengiriman menurut laporan terbaru dari Canalys, Google kalah dari Baidu.

Amazon tetap memimpin dengan pengiriman 6,6 juta unit pada kuartal tersebut dan Google turun ke posisi tiga setelah Baidu dari Cina melonjak menempati posisi kedua.

Dilansir Tech Crunch, pada Q2 Baidu tumbuh 3,700% yang berhasil mengirimkan 4,5 juta unit sedangkan Google tidak jauh dari Baidu dengan 4,3 juta pengiriman.

Pasar keseluruhan Cina menggandakan pengiriman mereka menjadi 12,6 juta unit, lebih banyak dua kali lipat dari total AS yang hanya mengirimkan 6,1 juta yang mengalami sedikit penurunan 2,4% sejak kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan Baidu didasari dari kampanye pemasaran yang agresif. Termasuk mereka berhasil pada fitur layar pintar, yang menyumbang 45% dari produk yang mereka kirim.

“Minat operator jaringan lokal pada kategori perangkat [layar pintar] meningkat baru-baru ini. Ini menjadi pertanda baik bagi Baidu karena menghadapi sedikit kompetisi dalam kategori layar pintar, yang memungkinkan perusahaan untuk mendominasi dalam operator saluran,” kata Canalys Research Analyst Cynthia Chen.

Laporan tersebut menyarankan Google memperkenalkan fitur baru pada speakernya jika ingin menarik minat konsumen kembali, perangkat Google Home belum diperbarui sejak rilis.

Sebagai perbandingan, Amazon telah memperbarui jajaran Speaker Echo beberapa kali sambil memperluas Alexa ke perangkat layar seperti Echo Spot and Show.

Baik Amazon maupun Google mengalihkan fokus mereka ke pasar diluar AS di Q2, dalam laporan tersebut 50% pengiriman Amazon berada di luar AS, naik dari 32% diperiode yang sama tahun lalu. Sedangkan Google 55% pengiriman mereka diluar AS, naik dari 42% tahun lalu.

Selain tiga teratas ada Alibaba dan Xiaomi yang masuk lima besar, dengan masing-masing pengiriman 4,1 juta unit dan 2,8 unit di Q2 tahun ini.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker