Berita UtamaHiburan

Fakta Menarik Tentang Film Gundala

Findonews – Film Gundala diadaptasi dari serial komik karya Harya “Hasmi” Suryaminata adalah salah satu film Indonesia yang paling ditunggu-tunggu.

Film yang disutradarai oleh Joko Anwar akan tayang pada tanggal 29 Agustus 2019. Berikut beberapa fakta menarik dari film ini yang dikutip dari The Jakarta Post.

Bumilangit Cinematic Universe (BCU)

Gundala akan membuka gerbang untuk film-film superhero lainnya dari Bumilangit. Bumilangit telah memiliki lebih dari 1.100 karakter komik yang telah dipublikasikan selama 60 tahun terakhir. Karakter-karakter tersebut dibagi menjadi empat era: Legenda, Jawara, Patriot, dan Revolusi.

Pada era Jawara, mengambil latar waktu sebelum kemerdekaan Indonesia, salah satu karakternya adalah Si Buta dari Gua Hantu. Era Patriot memiliki latar waktu pada masa sekarang, seperti Gundala, Sri Asih, dan Godam.

Bumilangit dan Screenplay Films merencanakan untuk merilis pahlawan lainnya dalam kurun waktu lima tahun, tetapi hanya pada era Jawara dan Patriot. Masing- masing era akan diprakarsai oleh Si Buta dari Gua Hantu dan Gundala.

Produser film Gundala, Bismarka Kurniawan menjelaskan mengapa Gundala menjadi pahlawan pertama yang difilmkan dari BCU, karena menurutnya Gundala adalah sosok yang akan menyatukan karakter lainnya, nantinya peran Gundala akan ada di film lainnya.

Syuting di Banyak Lokasi

Butuh waktu hampir dua tahun untuk memproduksi film Gundala. Joko Anwar mengatakan butuh waktu lima sampai enam bulan untuk persiapannya dan butuh waktu delapan bulan untuk paska-produksi.

Joko mengatakan, biasanya film paling banyak syuting di 15 sampai 20 lokasi, tetapi Gundala syuting di 70 lokasi yang berbeda karena Indonesia tidak punya fasilitas studio, jadi film ini harus syuting di tempat asli bukan di studia layaknya film Hollywood.

Aktor yang memerankan Gundala, Abimana Aryasatya juga mengatakan ada satu adegan yang diambil di tiga lokasi syuting yang berbeda.

“Kita punya adegan pasar yang mengambil tempat di Tanggerang, Bogor, dan dekat stasiun Jakarta Kota,” ujar Abimana.

Bukan Film Yang Pertama

Film Gundala karya Joko Anwar bukanlah film Gundala yang pertama, pada tahun 1981, Lilik Sudijo menyutradarai film Gundala Putra Petir yang diperankan oleh Teddy Purba, Ami Prijono, dan WD Mochtar.

Pada film Gundala versi Joko Anwar, ia tidak menambahkan tagline ‘Putra Petir’ di film besutannya dengan alasan film ini menceritakan asal mula Gundala menjadi ‘Putra Petir’.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker