Berita UtamaPolitik

Fahri Hamzah: “Jokowi Tidak Perlu Menunggu Sampai Oktober..”

findonews, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menanggapi terkait larangan Jokowi kepada seluruh menterinya untuk mengambil keputusan strategis.

Menurut Fahri hal tersebut merupakan hal yang wajar, karena ini adalah fase transisi sementara pejabat baru akan dilantik, jadi pejabat lama sebaiknya tidak mengambil keputusan strategis.

“Itu keputusan yang wajar karena meskipun kewenangan itu ada pada tingkat menteri tapi karena ini adalah fase transisi sementara pejabat baru akan dilantik maka pejabat lama sebaiknya tidak mengambil keputusan-keputusan strategis terkait posisi para pejabat.”

Inisiator GARBI itu juga mengatakan keputusan Presiden tersebut biasanya dalam rangka mengantisipasi kemungkinan para pejabat melakukan tindakan penyalahgunaan wewenang.

“Biasanya itu juga dalam rangka mengantisipasi kemungkinan para pejabat itu melakukan tindakan-tindakan terakhir yang berpotensi abuse of power atau melampaui atau penyalahgunaan kewenangan.”

Fahri mengungkapkan sebenarnya Presiden tidak perlu menunggu sampai Oktober kalau memang menganggap pejabat yang sekarang sudah bisa diganti, karena ia punya kewenangan.

“Tetapi sebenarnya ada pesan lain juga kepada Pak Jokowi kalau beliau menganggap bahwa para pejabat ini sudah bisa diganti dalam pengertian pejabat setingkat menteri untuk apa juga beliau menunggu sampai bulan Oktober, kan dia punya kewenangan sekarang kalau beliau mau.”

Fahri beranggapan sebaiknya Jokowi tidak perlu menunggu sampai Oktober untuk mengantisipasi kerusakan dalam birokrasi. Ia juga menambahkan hal itu lebih penting daripada konflik dengan bawahan.

“Lakukanlah itu sekarang untuk mengantisipasi kerusakan dalam birokrasi. Saya kira itu lebih penting untuk dilakukan sekarang daripada berkonflik dengan bawahan.”

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker