Berita UtamaPolitik

Fadli Zon: Sudirman Said Banyak Untungkan Freeport

foto : (VIVA.co.id/Muhamad Solihin
foto : (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menuding Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melakukan diskriminasi. Sebab, Sudirman memberi izin ekspor kepada Freeport saat pemerintah melarang BUMN mengekspor hasil tembang tanpa melalui proses pemurnian di pabrik smelter.

“Jadi kita ini mau bekerja untuk siapa, untuk kepentingan nasional atau untuk kepentingan asing? Jadi saudara Sudirman Said ini banyak menguntungkan Freeport,” ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 18 November 2015.

Seperti yang dikutip oleh Viva, Fadli mencontohkan bahwa perusahaan-perusahaan BUMN juga dilarang mengekspor hasil tambangnya sebelum melakukan pemurnian di smelter dalam negeri. Dia mencontohkan, misalnya PT Antam, BUMN yang terkena aturan itu.

“Kan harusnya kita berpihak kepada BUMN dong, kita prioritaskan dong, tapi BUMN kita saja tidak, swasta nasional saja tidak, yang dibolehkan hanya PT Freeport untuk melakukan ekspor tanpa smelter, tanpa ada pemurnian,” kata Fadli.

Politikus Gerindra ini menjelaskan dalam Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang mineral dan batu bara (minerba) telah dijelaskan perusahaan tidak dapat melakukan ekspor hasil tambang sebelum melakukan pemurnian. Untuk itu, pemerintah telah menginstruksikan kepada perusahaan-perusahaan pertambangan untuk membangun pabrik pemurnian atau disebut smelter.

Fadli menilai pemurnian praekspor perlu dilakukan agar memberi nilai tambah bagi material-material yang bercampur dengan emas dan tembaga saat diekspor.

“Undang-undang ini niatnya bagus supaya kita bisa mendapatkan nilai added (nilai tambah) dari bahan material,” ucapnya.

Untuk itu, dengan kebijakan diskriminatif yang dilakukan Sudirman Said terhadap izin ekspor Freeport secara jelas telah melanggar undang-undang.

“Kalau tidak salah Undang-undang Minerba nomor  4 tahun 2009 pasal 170, intinya itu mewajibkan bahwa ekspor itu harus sudah dimurnikan, nah ini tidak dimurnikan, ini bahan baku yang diekspor,” tutur Fadli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker