Berita UtamaSains & Teknologi

Facebook Berencana Membuat Dewan Pengawas

findonews, JAKARTA – Facebook mengumumkan rencananya untuk membuat dewan pengawas independen untuk membuat keputusan tentang bagaimana jaringan dimoderasi.

Ide itu akan dijuluki pengadilan tertinggi Facebook yang nantinya akan terdiri dari 40 orang di seluruh dunia, tetapi untuk awalan akan lebih sedikit.

Para ahli mempertanyakan independensi dewan, serta motivasi di balik langkah tersebut.

“Facebook tidak memiliki pengadilan,” kata Bernie Hogan, peneliti senior di Oxford Internet Institute.

 “Satu-satunya suara yang benar-benar diperhitungkan adalah pemegang saham mayoritas, Mark Zuckerberg.”

“Pengadilan tertinggi ‘Facebook meminta semua keangkuhan dan keadaan praktik peradilan yang sebenarnya tanpa tanggung jawab kepada warga negara.” tambahnya.

Dewan akan meluncurkan dengan tidak kurang dari 11 anggota paruh waktu, kata Facebook, dan nama-nama yang ditunjuk akan diumumkan kepada publik – seperti hasil dari pertimbangan mereka.

Dilansir BBC, dewan pengawas akan dibayar melalui kepercayaan yang diatur dan didanai oleh Facebook dimuka.

“Kami bertanggung jawab untuk menegakkan kebijakan kami setiap hari dan kami membuat jutaan keputusan konten setiap minggu,” tulis kepala eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg.

“Tetapi pada akhirnya saya tidak percaya perusahaan swasta seperti kita harus membuat begitu banyak keputusan penting tentang pidato kita sendiri.”

Ketidaksepakatan besar akan meningkat ke panel setelah semua lapisan moderasi Facebook yang ada telah habis.

Facebook mengontrol kasus mana yang diserahkan kepada dewan, meskipun anggota panel akan memutuskan kasus mana yang akan diambil.

Facebook mengantisipasi bahwa dewan hanya akan mempertimbangkan ‘lusinan’ kasus setahun, dengan fokus pada kasus-kasus di mana keputusan yang paling bermanfaat untuk publik.

Pengguna yang terpengaruh akan diizinkan untuk menyatakan kasus mereka dalam pernyataan tertulis, tetapi Facebook mengatakan pihaknya mengantisipasi beberapa anggota dewan mungkin ingin berbicara dengan pengguna secara tatap muka.

“Keputusan dewan akan mengikat, bahkan jika saya atau siapa pun di Facebook tidak setuju dengan itu,” kata Zuckerberg.

“Dewan akan menggunakan nilai-nilai kami untuk menginformasikan keputusannya dan menjelaskan alasannya secara terbuka dan dengan cara yang melindungi privasi orang.”

Satu peringatan, menurut piagam perusahaan, adalah ketika rekomendasi tidak layak secara teknis.

Facebook mengatakan kepercayaan akan dibuka untuk jaringan lain untuk bergabung -dan mendanai di masa depan.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker