Berita UtamaEkonomi & Bisnis

EKONOMI DI TAHUN POLITIK SEDANG RENTAN PATUT DIWASPADAI

Jakarta, findonews.com – Tahun 2019 menjadi tqhun politik bagi Indonesia, di tahun politik 2019 ini perekonomian Indonesia sedang berada pada kondisi yang rentan.

Analis ekonomi politik, Kusfiardi mengatakan Indonesia di rezim ini tengah mengalami kondisi menuju kebangkrutan.

Hal itu bisa dilihat dari defisit neraca pembayaran dan neraca perdagangan, pada parameter lain adalah keseimbangan primer APBN yang juga mengalami defisit.

“Kebangkrutan itu menjadi indikator lemahnya fundamental ekonomi nasional” jelas kusfiardi.

Ia menjelaskan jika perlunya penanganan komprehensif dan terintegrasi demi mewujudkan kemandirian ekonomi nasional serta memgatasi kebangkrutan yang diantaranya adalah agenda legislasi.

“Prioritasnya adalah UU Sistem Perekonomian Nasional, UU BUMN dan UU Koperasi sebagai punggung perekonomian nasional”, jelasnya.

Setelah itu agenda legislasi disinergikan dengan prioritas kebijakan substitusi impor yang fungsinya memperkuat fundamental perekonomian nasional.

Di lain sisi, untuk mendukung optimalisasi penerimaan negara, Kusfiardi menilai perlunya pemisahan antara Dirjen Pajak dan Kementrian Keuangan.

“Mungkin dibuat suatu lembaga tersendiri untuk mengurus perpajakan Indonesia yang merupakan sumber utama pendapatan negara kita selain PNBP”, terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker