Berita UtamaNasional

Citarum, Antara ‘Perang’ Doni Monardo dan Taktik Jokowi

Jakarta, Findonews.com – Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Doni Monardo menerima tongkat kepemimpinan Komando Daerah Militer III/ Siliwangi (Kodam III/ Siliwangi) dari Mayjen TNI Muhammad Herindra pada suatu siang, 14 November 2017.

Hujan mengiringi serah terima jabatan yang digelar di Markas Kodam (Makodam) III/ Siliwangi di Kota Bandung, Jawa Barat tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono memimpin langsung prosesi serah terima jabatan Doni dan lima belas perwira tinggi TNI lainnya hari itu.

Baru saja memegang kendali militer di Jawa Barat dan Banten, Doni memilih untuk tidak berleha-leha. Dia langsung memilih program prioritas nonperang yang bisa dia kerjakan bersama para prajuritnya.Doni pun melirik salah satu permasalahan klasik di Jawa Barat, pembersihan Sungai Citarum. Dia heran kenapa sungai ini tak pernah ‘bersih’ meski selalu dibersihkan.

“Pak Doni melihat ada yang urgent segera dilakukan, salah satunya untuk segera memperbaiki ekosistem di DAS Citarum,” kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/ Siliwangi Kolonel ARH Desi Ariyanto saat ditemui di Makodam III/ Siliwangi pada Kamis (27/2).

Doni menganggap permasalahan di Citarum berkaitan dengan ketahanan nasional. Air sungai Citarum dikonsumsi 80 persen warga DKI Jakarta dan penduduk di sekitar aliran sungai sepanjang 269 kilometer tersebut.

Air Citarum juga jadi sumber irigasi 420 ribu hektare sawah di Jawa Barat. Citarum juga jadi pemasok listrik sebanyak 1.888 megawatt untuk Jawa dan Bali.

Citarum, Antara ‘Perang’ Doni Monardo dan Taktik JokowiDoni Monardo saat masih memimpin Kopassus. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Dia pun berkunjung ke pihak-pihak terkait, seperti pemerintah provinsi, kota, kabupaten, tokoh masyarakat, dan aktivis lingkungan. Hasilnya tertuang dalam program andalan mantan pemimpin Kopassus tersebut yang bertajuk ‘Citarum Harum’.

Lulusan akademi militer 1985 itu menggagas pembenahan ekosistem Citarum satu komando dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari TNI, Polri, pemerintah provinsi, lembaga dan kementerian terkait, juga peran serta masyarakat juga perguruan tinggi.

Dalam draf rencana ‘Citarum Harum’ yang diterima, Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum terdiri dari total 7.100 personel gabungan. Dipimpin Gubernur Jawa Barat sebagai Komandan Satgas, satuan itu akan dibagi dalam 22 sektor. Kodam III/ Siliwangi pun mulai membenahi Citarum akhir November 2017.

Bak gayung bersambut, Presiden Joko Widodo beserta jajaran pun memulai tahun 2018 dengan membahas Citarum. Pada Selasa (16/1), Jokowi menggelar rapat terbatas (ratas) revitalisasi Citarum di Graha Wiksa Praniti, Bandung.

Rapat tersebut dihadiri beberapa menteri Kabinet Kerja, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Kepala Staf Kodam III/Siliwingi Brigadir Jenderal Yoshua Sembiring dan beberapa pejabat di Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker