Berita UtamaInternasional

Cina dan Taiwan Perang Suntingan di Wikipedia

findonews, JAKARTA – Cina dan Taiwan berselisih soal suntingan Wikipedia, baru-baru ini informasi Taiwan yang sebelumnya adalah ‘Sebuah Negara di Asia Timur’ menjadi ‘Sebuah Provinsi di Cina’, dilansir BBC.

Pengeditan dibatalkan, tetapi segera dilakukan lagi. Dan lagi. Itu menjadi tarik menarik editorial yang menyebabkan negara Taiwan terus-menerus berkedip-kedip selama satu hari.

“Tahun ini adalah tahun yang sangat gila,” keluh Jamie Lin, anggota dewan Wikimedia Taiwan.

“Banyak Wikipediawan Taiwan telah diserang.” tambahnya.

Siapa pun dapat menulis atau mengedit entri di Wikipedia, dan hampir di setiap negara di Bumi, komunitas “Wikipedians” ada untuk melindungi dan berkontribusi pada negaranya.

Kumpulan pengetahuan manusia terbesar yang pernah dikumpulkan, tersedia untuk semua orang secara gratis di internet, ini bisa dibilang pencapaian terbesar dari era digital. Namun di mata Lin dan rekan-rekannya, sekarang itu sedang diserang.

Perang sunting di Taiwan hanyalah satu dari sekian banyak di seluruh entri Wikipedia yang luas dan multi-bahasa. Halaman protes Hong Kong telah melihat 65 perubahan dalam sehari, sebagian besar karena masalah bahasa.

Entri Inggris untuk pulau-pulau Senkaku mengatakan mereka adalah ‘pulau-pulau di Asia Timur’, tetapi awal tahun ini, padanan bahasa Mandarin telah diubah untuk menambahkan ‘wilayah inheren Cina.

Protes Lapangan Tiananmen 1989 diubah dalam bahasa Mandarin untuk menggambarkan mereka sebagai ‘insiden 4 Juni’ untuk memadamkan kerusuhan kontra-revolusioner.

Dalam versi bahasa Inggris, Dalai Lama adalah seorang pengungsi Tibet. Dalam bahasa Mandarin, ia adalah orang buangan Cina. Perbedaan pendapat terjadi setiap saat di Wikipedia.

Tetapi bagi Lin, ini berbeda, menurutnya hal-hal tersebut dikendalikan oleh pemerintah Cina.

“Ini dikendalikan oleh Pemerintah [Cina], Itu sangat mengerikan.” ujarnya.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker