Berita UtamaInternasional

Carrie Lam Mengatakan Memiliki Kontrol Penuh Atas Hong Kong

findonews, JAKARTA – Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan pada hari Selasa (8/10) bahwa pemerintahannya mengendalikan situasi di wilayah Hong Kong setelah kekerasan akhir pekan, tetapi Cina dapat turun tangan jika situasinya memburuk.

Dilansir Al Jazeera, pada konferensi pers yang berlangsung hari ini, Lam mengungkapkan faktanya adalah bahwa peningkatan tajam dalam kekerasan menunjukkan protes tidak lagi sebagai gerakan damai untuk demokrasi.

Setelah meminta kekuatan darurat pada hari Jumat (4/10) untuk melarang orang-orang mengenakan topeng saat demonstrasi, Lam mengatakan dia tidak bisa mengesampingkan tindakan lain termasuk menyerukan intervensi Cina.

“Saya masih merasa kuat bahwa kita harus menemukan solusinya sendiri,” ujar Carrie Lam.

“Tetapi jika situasinya menjadi sangat buruk, maka tidak ada pilihan yang bisa dikesampingkan jika kita ingin Hong Kong setidaknya memiliki peluang lain.” tambahnya.

Komentar Lam datang setelah protes keras panjang di akhir pekan di mana ribuan orang menentang larangan baru pada pemakaian masker wajah.

Pada hari Minggu (6/10), Tentara Pembebasan Rakyat mengibarkan bendera peringatan kuning di garnisunnya di Hong Kong ketika puluhan orang memprotes di luar situs.

Protes, yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, menimbulkan tantangan populer terbesar bagi Presiden Tiongkok Xi Jinping sejak ia berkuasa pada 2012.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker