Berita UtamaInternasional

Carrie Lam Akan Berhenti Jika Dia Bisa

findonews, HONG KONG – Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan ia telah menyebabkan malapetaka yang tidak termaafkan dengan memicu krisis politik di kota tersebut dan ia akan berhenti jika punya pilihan.

Carrie Lam mengatakan pada pertemuan tertutup dengan pengusaha minggu lalu bahwa ia memiliki ruang yang sangat terbatas untuk menyelesaikan kriris politik disana karena kerusuhan telah menjadi masalah keamanan dan kedaulatan nasional bagi Cina di tengah meningkatnya ketegangan dengan AS.

Dilansir Al Jazeera, dalam konferensi pers pada hari Selasa (3/9), Lam mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak pernah mempertimbangkan untuk mengajukan pengunduran dirinya ke Beijing, menambahkan bahwa dia sangat kecewa karena rincian pertemuan pribadinya bocor.

Hong Kong telah dikejutkan dengan protes keras dan demonstrasi massa sejak bulan Juni, sebagai reaksi dari RUU yang diusulkan oleh administrasi Lam yang memungkinkan orang diduga melakukan kejahatan di Hong Kong untuk diekstradisi dan diadili di pengadilan Cina.

Meskipun RUU itu telah ditangguhkan, tetapi Lam tidak dapat menghentikan aksi demonstrasi karena menurut pengunjuk rasa RUU dapat sewaktu-waktu kembali berlaku. Pengunjuk rasa menuntut untuk menarik secara lengkap proposal RUU, namun sejauh ini masih ditolak oleh pemerintahan Lam.

Lam mengatakan Cina belum memberlakukan batas waktu untuk mengakhiri krisis menjelang perayaan Hari Nasional yang dijadwalkan 1 Oktober mendatang dan dia mengatakan Cina sama sekali tidak punya rencana untuk mengerahkan Tentara Pembebasan Rakyat di Hong Kong.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker