Berita UtamaInternasional

Boris Johnson Resmi Menjadi PM Baru Inggris

Findonews – Boris Johnson terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya setelah memenangkan kontes politik melawan Jeremy Hunt, dilansir Lad Bible.

Johnson memenangkan pemungutan suara anggota Partai Konservatif setelah pemungutan suara yang ditutup pada hari Senin (22/7) pukul 17.00 waktu setempat.

Johnson memenangkan pemilu dengan menerima 92.153 suara yang jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari Jeremy Hunt dengan 46.656 suara.

Mantan Sekretaris Luar Negeri dan Walikota London ini akan mulai menjabat pada hari Rabu (24/7) setelah kepergian Theresa May.

Philip Hammond, Kanselir Menteri Keuangan, mengatakan pada hari Minggu (21/7) bahwa ia akan mengundurkan diri dari posisinya jika Johnson menjadi PM.

Dia mengatakan bahwa penolakan Johnson untuk menghapus opsi meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan adalah buka sesuatu yang bisa ia ikuti.

Seluruh kontes kepemimpinan Tory – dan hampir semua yang lain, baru-baru ini – telah didominasi oleh diskusi Brexit.

Johnson bersikeras dalam wawancara bahwa Inggris harus meninggalkan Uni Eropa pada batas waktu 31 Oktober 2019, ‘lakukan atau mati, apa pun yang terjadi’.

Menteri Kehakiman David Gauke juga menegaskan kembali keputusannya untuk meninggalkan kabinet karena alasan yang sama. Menteri Kantor Luar Negeri, Alan Duncan menjadi menteri ketiga yang mengundurkan diri pada hari Senin (22/7).

Johnson menggantikan Theresa May, yang meninggalkan kantor hari ini setelah mengajukan pengunduran dirinya kepada Ratu.

May mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan kantor pada 24 Mei dan secara resmi berhenti memimpin Partai Konservatif pada 7 Juni.

Pengunduran diri May datang setelah dia berulang kali gagal mendapatkan Perjanjian Penarikan Brexit melalui Parlemen.

Meskipun mempersempit margin kerugiannya pada setiap kesempatan, kesepakatan Mei ditolak tiga kali oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Sekarang akan menjadi keputusan Perdana Menteri Boris Johnson mengenai arah Inggris mengambil Brexit.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker