Berita UtamaEkonomi & BisnisNasional

BI Prediksikan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Menguat pada 2020

findonews, JAKARTA  – Bank Indonesia (BI) memperkirakan pada tahun 2020 nanti nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan menguat pada kisaran Rp 13.900 – Rp 14.400.

Sementara sampai akhir tahun 2019 BI memperkirakan akan berada pada kisaran Rp 14.000 – Rp 14.400. Dilansir CNN Indonesia, proyeksi ini didasari dari kondisi rata-rata pergerakan rupiah terhadap dolar AS sebesar Rp 14.173 per Juli 2019.

Menurut Deputi Gubernur Seior BI, Destry Damayanti, penguatan rupiah ini akan datang dari berbagai sumber. Pertama, tumbuhnya ekonomi nasional.

BI memprediksikan ekonomi nasional akan tumbuh dengan baik karena konsumsi rumah tangga dan investasi. Kedua hal tersebut akan membuat ekonomi nasional tumbuh dikisaran 5,1 – 5,5 persen.

“Permintaan domestik naik dipengaruhi konsumsi yang lebih tinggi dan investasi yang stabil, sehingga tetap mendukung pertumbuhan ekonomi,” ujar Destry, Rabu (28/8).

Sumber kedua adalah dari inflasi yang diprediksi akan tetap bertahan di kisaran 3 persen ± 1 persen. Inflasi ini akan tetap rendah karena didukung oleh kebijakan BI menjaga stabilitas harga, permintaan agregat yang terkelola, dan pengaruh harga global yang minimal.

Yang terakhir adalah rupiah akan mendapat sokongan dari cadangan devisa yang tinggi. Menurut data BI, cadangan devisa negara mencapai 125,9 miliar dolar pada akhir Juli kemarin.

Meningkatnya cadangan devisa dalam beberapa bulan terakhir disebabkan karena sumbangan dari transaksi pada sektor minyak dan gas hingga penarikan surat utang pemerintah, menurut Destry cadangan devisa tersebut akan menjaga rupiah.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker