Berita UtamaNasionalPolitik

Anis Matta Bicara Relevansi Pancasila dalam Hadapi Krisis

SURABAYA – Ketua Umum DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Anis Matta mengatakan bahwa Pancasila sangat memegang peran penting saat masa pandemi virus corona atau Covid-19 seperti saat ini. Bahkan dirinya yakin, Indonesia akan berperan dalam perubahan sistem kepemimpinan global dengan dukungan akar kolektif bangsa, yang tercermin dalam Pancasila.

“Proses panjang sebagai bangsa sudah dialami Indonesia, tidak gampang menyatukan begitu banyak suku dalam keragaman dalam membangun negara, kalau tidak ada kesadaran akar kolektif bangsa,” tutur Anis Matta dalam Zoomonari ‘Relevansi Pancasila dalam Hadapi Krisis Dulu dan Krisis Masa Depan Imbas Covid-19’ pada Rabu (3/6/2020) kemarin.

Mantan Presiden PKS itu menilai pandemi virus corona atau Covid-19 yang saat ini, tengah mengubah kemimpinan global pada abad ke-20 dari kapitalis Amerika Serikat ke kekuatan ekonomi Asia Pasifik. Tatanan dunia baru ini, lanjutnya, terjadi dalam siklus 100 tahunan, seperti abad 16 Portugis, abad 17 Belanda, abad 18 Inggris, serta pada abad 19 Amerika Serikat yang didukung intitusi global antara lain PBB, IMF dan Bank Dunia.

“Akibat peralihan kepemimpinan global ini, pada abad 19 Ottoman Empire (Kerajaan Ottoman Turki) hilang dari peredaran dan Jerman diwajibkan bayar utang perang,,” katanya.

Diprediksi kekuatan ekonomi baru dunia akan tumbuh di kawasan Asia Pasifik, yakni ada di China, Jepang, Korea Selatan dan Indonesia. Episentrum ekonomi Asia Pasifik ini akan menjadi mayoritas kekuatan ekonomi dunia mengalahkan Amerika Serikat dan Uni Eropa.

“Jadi dalam konteks global, solusi mengatasi krisis berlarut dan perubahan kemimpinan global itu sudah terumuskan di Pancasila yang menjadi dasar negera kita. Inilah kesadaran kolektif bangsa,” tegas Anis yang pernah menjabat Wakil Ketua DPR RI itu. ***

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker