Berita UtamaInternasional

Amerika Serikat Ingin India Segera Mencabut Pembatasan di Kashmir

findonews, JAKARTA – Amerika Serikat ingin India dengan cepat menghapuskan pembatasan yang diberlakukan di Kashmir yang dikelola India.

Dilansir Al Jazeera, seorang pejabat senior mengatakan pada hari Kamis (26/9) setelah Presiden Donald Trump bertemu para pemimpin India dan Pakistan di sela-sela UNGA bahwa ia ingin India mencabut pembatasan di Kashmir.

“Kami berharap dapat melihat tindakan cepat – pencabutan pembatasan dan pembebasan mereka yang telah ditahan,” kata Alice Wells, pejabat tinggi Departemen Luar Negeri untuk Asia Selatan, kepada wartawan.

Dia juga mengatakan bahwa Trump bersedia menengahi jika diminta oleh kedua belah pihak, meskipun dia mencatat bahwa India telah lama menolak peran luar.

“Amerika Serikat prihatin dengan penahanan yang meluas, termasuk penahanan politisi dan pemimpin bisnis, dan pembatasan penduduk Jammu dan Kashmir,” katanya.

“Kami menantikan dimulainya kembali pemerintah India untuk keterlibatan politik dengan para pemimpin lokal dan penjadwalan pemilihan yang dijanjikan pada kesempatan paling awal,” katanya.

Pada bulan Agustus, Perdana Menteri Narendra Modi mencabut status otonom Jammu dan Kashmir, yang merupakan satu-satunya negara bagian mayoritas Muslim di India, yang memenuhi tujuan lama dari gerakan nasionalis Hindu-nya.

Otoritas India menahan berbagai pemimpin politik dan memutuskan layanan seluler dan internet untuk orang-orang biasa di sebagian besar wilayah Himalaya.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker