Berita UtamaEkonomi & Bisnis

Alibaba Memulai Era Baru Setelah Mundurnya Jack Ma

findonews, JAKARTA – Jack Ma, Ketua sekaligus co-founder Alibaba dijadwalkan mundur dari raksasa e-commerce asal Tiongkok tersebut pada hari Selasa (10/9), menandai berakhirnya era bagi perusahaan, dilansir BBC.

Mantan guru bahasa Inggris ini mendirikan Alibaba pada tahun 1999 dan telah menjadi salah satu perusahaan internet terbesar di dunia. Keberhasilan dan gaya unik Ma membuatnya menjadi salah satu pengusaha paling terkenal di Tiongkok.

Perusahaan Alibaba sekarang bernilai 480 miliar dolar dan Jack Ma adalah orang terkaya di Tiongkok. Dia juga pendiri pertama di antara generasi wirausahawan internet terkemuka Tiongkok yang mundur dari perusahaannya.

Jack Ma mengatakan ia ingin fokus pada filantropi dan pendidikan setelah meninggalkan Alibaba. Dia juga  mengatakan bahwa pensiunnya bukanlah akhir tetapi awal dari suatu era. Nantinya Ma tetap ada di dewan direksi Alibaba dan terus membimbing manajemen perusahaan.

Daniel Zhang yang, kepala eksekutif Alibaba akan menggantikan Ma sebagai ketua eksekutif. Di dalam Alibaba, Zhang dikenal sebagai Xiaoyaozi, nama tokoh dalam novel seni bela diri Tiongkok, seseorang yang keluar dari pertempuran tetapi hebat dalam melatih orang lain.

Reputasi itu akan berguna ketika dia mengarahkan Alibaba melalui beberapa waktu yang paling sulit. Pasar Tiongkok, tempat ia menghasilkan dua pertiga dari pendapatannya, sedang melambat. Pada saat yang sama, upaya untuk melakukan ekspansi internasional telah mengalami kesulitan.

Pengawasan AS terhadap perusahaan Tiongkok menghalangi pertumbuhannya di Barat. Di beberapa bagian Asia Tenggara dan India, analis mengatakan memahami bagaimana bekerja di pasar lokal dan dengan masyarakat setempat terbukti menjadi tantangan bagi perusahaan Tiongkok.

Kemudian ada penawaran publik multi-miliar dolar yang tertunda di Hong Kong, dilaporkan karena protes pro-demokrasi di sana. Namun tantangan terbesar Tuan Zhang adalah menghayati citra Ma sendiri, seorang pria yang menikmati rasa hormat dan kasih sayang dari stafnya serta masyarakat internasional.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker