Berita UtamaSains & Teknologi

Akun Bos Twitter Jack Dorsey di Bajak

findonews, JAKARTA – Akun pribadi dari co-founder dan CEO Twitter Jack Dorsey telah diretas oleh grup yang menamai dirinya dengan Chuckling Squad.

Dilansir BBC akun Twitter dengan pengikut lebih dari empat juta, membuat cuitan yang sangat ofensif dan rasis selama sekitar 15 menit.

Dari pihak Twitter sendiri mengatakan tidak ada sistem mereka yang terganggu, malah mereka menyelahkan operator seluler yang tidak disebutkan namanya.

“Nomor telepon yang terkait dengan akun itu dikompromikan karena pengawasan keamanan oleh penyedia ponsel,” kata Twitter dalam sebuah pernyataan.

“Ini memungkinkan orang yang tidak berwenang untuk menulis dan mengirim tweet melalui pesan teks dari nomor telepon. Masalah itu sekarang telah diatasi.”

Sebuah sumber dari Twitter mengatakan kepada BBC bahwa teknik yang digunakan oleh para peretas dikenal sebagai ‘simswapping’ untuk mengendalikan akun Dorsey.

Ini adalah teknik dimana nomor telepon yang ada ditransfer ke kartu SIM baru, biasanya setelah peretas menipu atau menyuap cutomer support dari pendia seluler.

Dengan mengambil alih kendali atas nomor tersebut, peretas dapat memposting cuitan melalui pesan teks langsung ke akun Twitter Dorsey.

Para peretas membuat cuitan yang rasis dan juga ofensif menggunakan akun Dorsey, mereka menggunakan kata ‘n’ dan membuat komentar anti-Semit yang merujuk pada Holocaust.

Chuckling Squad telah mendapatkan pujian atas serangan pada beberapa akun Twitter influencer baru-baru ini. Sedangkan hal ini menjadi sesuatu yang memalukan bagi Twitter, sebuah layanan yang menampung para pemimpin paling kuat di dunia.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker