Berita UtamaNasional

Ada 1.211 Titik Panas Mengepung Sumatera Pagi Ini

findonews, JAKARTA – Ada Sekitar 1.211 titik panas yang di deteksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengepung wilayah Sumatera pada Rabu (11/9) pagi, titik panas ini menjadi indikasi awal terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dilansir CNN Indonesia, menurut data BMKG Stasiun Pekanbaru, pagi ini pukul 06.00 WIB Provinsi Jambi di deteksi daerah yang paling banyak titik panas dengan 496 titik, disusul Sumatera Selatan 305 titik, dan Provinsi Riau 268 titik.

Kemudian ada 77 titik di Provinsi Bangka Belitung, kemudian masing-masing 11 titik di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Sumatera Utara ada 10 titik panas sedangkan Bengkulu memiliki satu titik panas.

Hal ini menjadi perhatian serius karena ini menjadi indikasi awal terjadinya karhutla yang memiliki dampak domino pada masyarakat. Seperti saat ini di Riau, kabut asap karhutla menyelimuti Kota Pekanbaru yang mengakibatkan kualitas udara menurun ke status tidak sehat.

Wakil Gubernur Riau Edy Nasution mengatakan telah berupaya semaksimal mungkin dengan mengerahkan lebih dari 5.000 personel tim gabungan Satuan Tugas Karhutla Riau untuk mengatasi hal tersebut, namun cuaca yang panas menyulitkan proses pemadaman.

“Seluruh upaya sudah dilakukan, ada lebih 5.000 personel Satgas Karhutla di lapangan,” kata Edy Nasution usai salat Istisqa untuk meminta hujan di lapangan kantor Gubernur Riau di Pekanbaru.

Edy meminta seluruh masyarakat untuk tidak membakar lahan dan berdoa sesuai dengan keyakinannya masing-masing agar segera diturunkan hujan untuk membantu proses pemadaman. Semantara itu, di Kota Pekanbaru proses belajar mengajar dihentikan hingga kualitas udara membaik.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker